Kegiatan pengembangan suatu produk merupakan kegiatan yang dapat meliputi penyempurnaan produk, modifikasi produk, penambahan fungsi produk yang ada, pembuatan produk baru, efisiensi biaya produk maupun kemasan nya yang dilakukan sebagai suatu strategi perusahaan.
Menurut Para Ahli:
- Menurut Danang Sunyoto (2013) pengembangan produk (product development) adalah kegiatan-kegiatan pembuat barang dan perantara yang bermaksud melakukan penyesuaian barangbarang yang dibuat atau ditawarkan untuk dijual atas permintaan 5pembeli. Pengembangan produk meliputi penentuan kualitas, ukuran, bentuk, daya tarik, labeling, cap tanda, pembungkus, dan sebagainya untuk menyesuaikan selera konsumen.Â
- menurut Assauri (2015) pengembangan produk adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan produk ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan dayaguna maupun daya pemuas yang lebih besar.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk adalah strategi perusahaan dalam menciptakan produk baru atau mengembangkan konsep dan gagasan menjadi produk yang dapatk diwujudkan.
Â
PENTINGNYA PENGEMBANGAN PRODUK BARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN
1. Peningkatan Daya Saing
Mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan menawarkan produk yang lebih baik untuk memenangkan persaingan
2. Kepuasan PelangganÂ
Memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari pelanggan dan menawarkan solusi baru.
3. Pertumbuhan Bisnis
Membuka peluang baru bagi perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan