Mohon tunggu...
Afifah Zulfa Amani
Afifah Zulfa Amani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis

Saya memiliki minat yang besar dalam mendengarkan musik, menonton film, dan membaca cerita. Musik bagi saya merupakan sarana untuk menenangkan pikiran dan mengekspresikan emosi. Sementara itu, menonton film memungkinkan saya menjelajahi berbagai sudut pandang kehidupan dan memahami cerita yang disampaikan melalui visual. Membaca cerita menjadi salah satu cara saya menggali wawasan, memperluas imajinasi, serta menikmati pengalaman emosional melalui tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Produk Baru dan Siklus Hidup Produk

2 Januari 2025   19:23 Diperbarui: 2 Januari 2025   19:25 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kegiatan pengembangan suatu produk merupakan kegiatan yang dapat meliputi penyempurnaan produk, modifikasi produk, penambahan fungsi produk yang ada, pembuatan produk baru, efisiensi biaya produk maupun kemasan nya yang dilakukan sebagai suatu strategi perusahaan.

Menurut Para Ahli:

  • Menurut Danang Sunyoto (2013) pengembangan produk (product development) adalah kegiatan-kegiatan pembuat barang dan perantara yang bermaksud melakukan penyesuaian barangbarang yang dibuat atau ditawarkan untuk dijual atas permintaan 5pembeli. Pengembangan produk meliputi penentuan kualitas, ukuran, bentuk, daya tarik, labeling, cap tanda, pembungkus, dan sebagainya untuk menyesuaikan selera konsumen. 
  • menurut Assauri (2015) pengembangan produk adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan produk ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan dayaguna maupun daya pemuas yang lebih besar.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk adalah strategi perusahaan dalam menciptakan produk baru atau mengembangkan konsep dan gagasan menjadi produk yang dapatk diwujudkan.

 

PENTINGNYA PENGEMBANGAN PRODUK BARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

1. Peningkatan Daya Saing

Mendorong perusahaan untuk terus berinovasi dan menawarkan produk yang lebih baik untuk memenangkan persaingan

2. Kepuasan Pelanggan 

Memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari pelanggan dan menawarkan solusi baru.

3. Pertumbuhan Bisnis

Membuka peluang baru bagi perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun