Mohon tunggu...
Afifah Haswina Dhini
Afifah Haswina Dhini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Politeknik Astra Cikarang

Perkenalkan nama saya Afifah Haswina Dhini, teman teman saya biasa memanggil saya dengan sebutan pipeh atau ipeh dan keluarga saya sendiri biasa memanggil saya teteh, saya lahir di jakarta, 16 oktober 2004, saya anak kedua dari 3 bersaudara, saya memiliki abang laki laki dan juga adik laki laki. Teman teman mamah selalu menjuluki saya gadisnya papah dan mamah, karena posisi nya saya anak cewe satu satunya di keluarga. dulunya saya itu anak terakhir alias bontot, tapi pada saat umur saya 14 tahun, mamah saya hamil lagi, dan ini menjadi pengalaman sekaligus pembelajaran buat saya ketika sudah menikah nanti. Karena dari awal mamah hamil sampai lahiran pun semuanya saya yang urus. Dan banyak sekali aturan yang harus dilakukan saat mengurus bayi. Andai saja pengalaman saya ini bisa dijadiin film di indosiar mungkin produsernya akan memberikan judul “Adiku adalah edukasi untuk masa depanku”. Impian terbesar saya adalah menjadi seorang dokter, dari saya tk saya selalu bermimpi serta berimajinasi untuk menjadi seorang dokter, awalnya saya fikir itu hanya cita-cita masa kecil, sampe akhirnya disaat pemilihan jurusan saya yakin banget untuk masuk jurusan ipa. Tapi, sebelum saya memilih jurusan itu, saya izin ke papah untuk lebih serius masuk kedokteran, nah,, pada hari itu papah langsung mengizinkan saya masuk kedokteran karena papah fikir saya memilih dokter spesialis anak, dan ternyata setelah pengumuman snbt, saya dan keempat teman saya terpilih jurusan kedokteran hewan. Saya bener bener seneng banget, nangis, dan terus bersyukur karena bisa terpilih di jurusan yang saya mau. Hari itu saya ga sabar mau kasih tau mamah dan papah tentang hal ini. Setelah papah tau kabar ini. Banyak keraguan dan alasan ketika saya berada di jurusan ini, karena papah itu termasuk tipikal orang yang islamnya bener bener kentel banget. Awalnya saya sempet kesel karena hal ini sama aja kaya nyianyiain kesempatan, tapi pada akhirnya saya sadar, untuk apa kita fokus pada tujuan kita tanpa berkah dan ridho dari orang tua. Akhirnya allah kasih jalan lain sampai akhirnya saya berada di politeknik astra ini. Saya suka banget sama musik, dari musik saya jadi suka nyanyi bahkan dari umur 3 tahun mamah selalu iseng daftarin saya lomba nyanyi, dan beruntungnya selalu menang, bahkan di lemari kaca yang ada di rumah itu isinya piala penghargaan nyanyi semua. Saya dulu itu jadi suka banget nonton drama musical karena,ya tujuan utamanya supaya bisa nemu lagu lagu baru, sampe akhirnya hobi saya adalah menyanyi, mendengarkan musik dan menonton film. Tapi dari semua pengalaman yang saya alami, tingkat mahasiswa yang paling mengajarkan saya banyak hal, dari mulai ngatur keuangan, karena jujur dari dulu saya gapernah mikirin berapapun pengeluaran yang udah saya pakai, tapi pada saat saya menjadi mahasiswa saya harus bisa mengatur pengeluaran mulai dari biaya kos perbulan, biaya listrik token, biaya bensin, biaya perlengkapan kosan, dan biaya saya makan selama sebulan. Funfact saya ini anak rumahan, apapun yang saya mau udah ada di rumah. Tapi pada saat saya menjadi mahasiswa, apapun yang saya butuhkan harus saya usahakan sendiri untuk mendapatkannya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efektivitas Aplikasi Mamikos dalam Meningkatkan Pemasaran di Kota Cikarang

29 Juli 2024   23:22 Diperbarui: 29 Juli 2024   23:22 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rumah kos adalah salah satu tempat tinggal dan apartemen yang ditawarkan oleh penyedia penginapan dalam pengaturan multi-kamar. Kamar yang ditawarkan memiliki fasilitas tersendiri yang dapat di tawarkan kepada calon penyewa, yang kemudian akan disesuaikan dengan harga yang ditetapkan oleh pemilik kos. Perkembangan teknologi seperti yang dikenal saat ini memberikan kontribusi yang besar bagi pemenuhan segala aspek kehidupan sehari-hari seperti pendidikan, industri dan bisnis. Pesatnya perkembangan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Semua kebutuhan informasi yang diinginkan terpenuhi dengan bantuan teknologi, termasuk mencari rumah sebagai kebutuhan primer. Sesuai keinginan pencari kos, gaya hidup yang direncanakan bisa berupa rumah, apartemen sewaan atau rumah kos. Dalam hal ini, kos-kosan menjadi pilihan praktis untuk menyewa tempat tinggal, terutama bagi mahasiswa.

Mamikos hadir dalam bentuk website karya PT Mama Teknologi Properti yang berasal dari Yogyakarta dengan berbasis pada informasi penyedia layanan jasa indekos hampir di seluruh Indonesia. Mamikos adalah karya dari anak bangsa, Maria Regina Anggit selaku CEO dan Co-founder dari platform Mamikos dalam naungan PT. Mama Teknologi Properti yang muncul dari keresahan yang dialami oleh sebagian besar teman-teman perantauan dalam mencari informasi jasa kos yang masih dilakukan secara offline atau dengan mendatangi secara langsung penyedia kos. Meskipun sudah ada informasi jasa kos secara online, namun informasi yang disajikan kurang akurat, tertata dan ter-update secara cepat sehingga hal ini yang membuat Anggit bersama tiga temannya berinisiatif untuk menciptakan sebuah aplikasi yang mampu menyajikan informasi penyedia layanan jasa kos yang terlengkap dan terupdate dari waktu ke waktu. Fitur-fitur yang sudah tersedia saat ini adalah fitur cari kos dekat kampus/universitas di masing- masing kota besar salah satunya Cikarang dan kota besar lainnya.

Penyewaan kamar indekos menjadi ladang bisnis properti yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Keuntungan yang menjanjikan karena tidak perlu berperan langsung di dalamnya, melainkan sebagai passive income bagi pemiliknya. Apalagi letak tempat rumah kos yang strategis menjadi sangat berpotensi bagi mahasiswa maupun pekerja yang sedang mencari tempat tinggal sementara. Pemilik rumah kos akan menyewakan kamar beserta fasilitas yang dimiliki yang kemudian dipromosikan melalui berbagai platform sosial media. Tujuannya untuk menjangkau calon penyewa kos lebih jauh. Memulai dan mengembangkan bisnis kos menjadi hal yang sangat mudah karena banyak platform online yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran kos secara efektif yaitu dengan cara.

Mamikos berusaha mengembangkan dan menawarkan beragam keunggulan yang cukup bersaing dengan situs web penyedia informasi hunian lainnya, yang dikemas dengan sangat menarik dan tentunya mengikuti perkembangan yang dibutuhkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan informasi hunian yang kekinian. Demi menciptakan pengalaman yang lebih aman dan menyenangkan seputar sewa menyewakan properti, Mamikos, memiliki sederet fitur yang dapat dimanfaatkan pemilik kos (disebut juga sebagai Mitra Mamikos) maupun pencari kos agar dapat terhubung dengan mudah. Sederet fitur tersebut di antaranya:

Fitur Booking Langsung adalah fitur dari Mamikos, dimana dengan fitur ini calon penyewa kos dapat langsung memesan kos yang diinginkan dari jauh-jauh hari, maksimal 3 bulan sebelum tanggal masuk. Selain itu, dengan fitur Booking Langsung, calon penyewa juga dapat langsung melakukan pembayaran sewa kos melalui sistem pembayaran via Mamikos dengan berbagai pilihan metode pembayaran seperti Gopay, BNI, BRI, dan lain sebagainya. Keuntungan yang didapat bila mendaftar Booking Langsung adalah sebagai berikut. Pertama, akan mendapatkan kemudahan dalam mengatur Booking kos karena dapat menerima Booking via aplikasi dengan kemudahan akses di mana saja dan kapan saja. Kedua, pembayaran uang kos pun otomatis dilaporkan dan dikelola oleh Mamikos serta terhubung langsung dengan rekening pemilik kos. Ketiga, selama pengajuan sewa berlangsung, pencari kos dapat menghubungi pemilik kos lewat chatt Mamikos untuk bertanya lebih lanjut tentang tipe kos yang dipilihnya. Keempat, fitur tagihan otomatis. Fitur ini akan membantu menagih uang sewa secara otomatis melalui SMS ke penghuni kos.

KESIMPULAN

Mamikos yang merupakan aplikasi pencarian kos terbaik di Indonesia menawarkan banyak layanan menarik yang bisa dijadikan pilihan untuk mengelola kos. Adapun layanan tersebut adalah Booking Langsung, Singgahsini, Premium Membership, Mamikos Goldplus, Mami Poin, laporan keuangan dan virtual tour. Mamikos membantu mitra dalam mengoptimalkan okupansi properti yang dimiliki sehingga bisnisnya dapat berjalan dengan stabil dan terus berkembang. Tidak hanya dari segi pengelolaan properti saja, namun mitra Mamikos juga mendapatkan keuntungan bergabung dengan komunitas bergabung dengan komunitas mitra Mamikos. Mamikos memperkuat sinergi dengan para mitra untuk mendukung perkembangan bisnis kos di Indonesia. Diharapkan para mitra Mamikos dapat meningkatkan okupansi dan mempertahankan stabilitas bisnisnya saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun