Mohon tunggu...
nurul afifah
nurul afifah Mohon Tunggu... Guru - pencipta puisi amatiran

Pecinta puisi ingin mencoba mengekspresikan diri melalui puisi walaupun hanya amatiran.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4

13 Februari 2024   16:35 Diperbarui: 13 Februari 2024   16:37 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalamualaikum, wr.wb.,

Saya Nurul 'Afifah, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Purworejo. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.4 tentang Budaya Positif. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu mengikuti kegiatan Pendidikan CGP pada modul 1.4.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

Fact (Peristiwa)

Modul ini adalah modul dengan materi terbanyak di antara modul-modul sebelumnya, pada modul 1.4 ini saya mulai mempelajari materi mengenai Budaya Positif. Pembelajaran secara mandiri diawali dengan 'Mulai Dari Diri'. Pada bagian ini saya diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada di LMS diantaranya 1) pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan; 2) bagaimana saya menciptakan suasana positif di lingkungan saya; 3) hubungan antara menciptakan suasana positif dengan proses pembelajaran yang berpihak kepada murid; 4) penerapan disiplin saat ini di sekolah saya, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan. Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan refleksi diri, harapan untuk diri sendiri, harapan kepada siswa, dan ekspektasi.

Selanjutnya saya berlanjut ke bagian 'Eksplorasi Konsep' dimana ada 6 materi yang esensial pada modul 1.4 ini. Materi tersebut adalah 1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal; 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi; 3) Keyakinan Kelas; 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas; 5) Restitusi -- Lima Posisi Kontrol; 6) Restitusi -- Segitiga Restitusi. Dalam eksplorasi konsep ini, kami diminta untuk memberikan tanggapan untuk jawaban-jawaban dari CGP lain.

Selesai eksplorasi konsep, saya menuju ke ruang kolaborasi, bertemu dengan fasilitator dnan tema CGP lain untuk berdiskusi mengenai kasus-kasus yang telah disediakan. Rukol perta yaitu berdiskusi dengan anggota kelompok, kebetulan saya mendapat kelompok 4 dengan Bu Susi dan Pak David. Sedangkan rukol yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Kami banyak berdiskusi dalam sesi ini, khususnya dalam sesi menanggapi presentasi dari setiap kelompok.

Setelah berkolaborasi, kami fokus mengerjakan tugas mandiri lagi di bagian 'Demonstrasi Kontekstual'. Di bagian ini, saya mendapatkan tugas membuat dua skenario penerapan segitiga restitusi. Setelah skenario dibuat, saya membuat video penerapan segitiga restitusi bersama siswa. Di tahap ini, saya benar benar kalut dengan banyaknya tugas deadline yang menumpuk karena memang tugasnya harus selesai bulan ini. selain itu, saya mendapat tugas proctor berkitan dengan ANBK Kelas 5. Rasanya nano nano sekali massyaalloh. Alhamdulillah satu demi satu dapat terselesaikan dengan baik.

Setelah itu, saya melakukan pendampingan individu yaitu melakukan praktik baik bersama dengan rekan guru dan kepala sekolah untuk berdiskusi mengenai visi bersama cita-cita ke depan murid seperti apa.

Kegiatan selanjutnya dalam modul ini adalah 'Elaborasi Pemahaman' bersama instruktur. Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 1.4. Budaya Positif. Pada sesi ini saya banyak berdiskusi bersama instruktur yang bertujuan untuk memahami lebih dalam maksud dari materi pada modul 1.4 ini. Elaborasi pemahaman dengan Bapak I Ketut brasal dari Bali. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan, saya lanjutkan dengan membuat tugas 'Koneksi Antar Materi'. Bagian ini adalah pengaitan antar materi yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3. dan 1.4. Tugas di bagian ini adalah menjelaskan pemahaman saya tentang konsep-konsep inti yang telah saya pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Saya juga diminta untuk menjelaskan hal yang menarik dan di luar dugaan saya. Saya juga membuat rancangan aksi nyata sebagai persiapan pelaksanaan aksi nyata modul 1.4.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun