Muchamat Avif Afandi
Teknik sipil, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Email: Afifafandi187@gmail.com
Mochammad Fredy, S.Pd., M.Pd.
Sastra jepang, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Email: mochfredy@untag-sby.ac.id
Abstrak. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
merupakan sebuah bentuk program pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa, saat
pandemi kegiatan Kuliah Kerja Nyata dilakukan oleh mahasiswa di masing-masing wilayah
domisilinya secara mandiri dan tidak berkelompok.Â
Pada tahun 2022 ini meskipun sudah
beberapa tahun sejak terjadinya pandemi, banyak yang masih merasa dampak Pandemi ini
sangat mempengaruhi seluruh kegiatan manusia mulai dari aspek sosial, pendidikan, dan
ekonomi.Â
Dari aspek ekonomi ini banyak usaha mikro kecil dan menengah yang banyak
merasa penurunan omzet dari tahun-tahun sebelum pandemi. Salah satunya milik mitra di
wilayah Mrutu Kalianyar No.40 Surabaya yaitu penjual baso aci.Â
Maka dari itu pengusul
mencoba memberikan solusi kepada mitra berupa edukasi terkait penerapan digital marketing
agar meningkatkan produktivitas penjualan dan juga pembaruan packaging agar lebih menarik.
Kata Kunci: UMKM: 1; KKN Reguler 2; Promosi 3; Packaging
PENDAHULUAN
Persaingan bisnis dalam era millenial semakin dinamis, komplek, dan serba tidak pasti
dalam menyediakan peluang tetapi juga tantangan. Banyak bidang usaha telah
mengalami perkembangan yang sangat pesat menuntut adanya peningkatan kualitas
yang baik.Â
Peningkatan keuntungan dari penjualan merupakan hal yang diinginkan oleh
setiap bidang usaha. Perubahan yang sangat cepat dalam dunia bisnis perlu diperhatikan
dalam menjalankan usahanya. Pengusaha bisnis harus dapat mengantisipasi segala
kemungkinan yang akan dihadapi.Â
Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang
kreatif dan inovatif. Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 2019 bulan maret
terdapat Virus Covid-19, yang menyebabkan masyarakat takut untuk keluar rumah
sehingga banyak pengusaha bisnis mengalami penurunan pada omset penjualannya.
Dengan ini pemerintah mengakui bahwa daya beli masyarakat semakin melemah karena
Virus Covid-19 dan pendapatan yang semakin menurun.Â
Dengan adanya pandemi Virus
Covid-19 maka berdampak pada penurunan penjualan pada mitra basoaci ini.Â
Oleh
kerena itu penulis berharap dengan adanya perubahan dalam kegiatan pelaksanaan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini meningkatkan omzet penjualan pada mitra basoaci, yang
memanfaatkan jejaring sosial media dan situs marketplace dan juga beberapa perubahan
pada kemasan dengan tujuan untuk menarik minat pembeli.
METODE PELAKSANAAN
Kegiatan KKN diawali dengan mencari mitra usaha UMKM di sekitar domisili peserta
KKN. Kemudian setelah menemukan mitra, peserta KKN melakukan wawancara
singkat mengenai kendala yang dihadapi oleh mitra serta rincian lain yang diperlukan
untuk laporan hasil KKN.