Motivasi peserta didik dalam psikologi perkembangan erat kaitannya dengan berbagai teori dan penelitian tentang bagaimana manusia belajar dan berkembang sepanjang hidupnya.
 Konteks utama yang membentuk pemahaman kita tentang motivasi siswa meliputi:
 1.Teori perkembangan: Teori seperti teori perkembangan kognitif Piaget, teori perkembangan sosial-emosional Erikson, dan teori perkembangan moral Kohlberg.
 Cara orang tumbuh, belajar, dan berinteraksi dengan lingkungannya sepanjang hidupnya.
 2.Teori Motivasi: Teori motivasi seperti Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Nilai Harapan Bloom, dan Teori Dukungan Stres dari Deci dan Ryan digunakan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi Menyediakan a kerangka.
 3.Penelitian Psikologi Pendidikan: Penelitian di bidang psikologi pendidikan, meliputi penelitian tentang strategi pembelajaran yang efektif, pengaruh lingkungan belajar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa, memberikan wawasan lebih jauh Bagaimana.
 dalam konteks pendidikan.
 4.Praktik Mengajar: Pengalaman dan praktik di bidang pendidikan juga merupakan informasi latar belakang yang penting.
 Guru dan konselor yang memiliki pengalaman  bekerja dengan siswa dari berbagai latar belakang dapat memberikan wawasan berharga mengenai faktor motivasi yang berperan dalam keberhasilan akademik dan pertumbuhan pribadi.Dengan menggabungkan pengetahuan dari beragam sumber ini,  pendidik dan pemimpin dapat memahami dan merancang strategi yang lebih efektif untuk mendorong pembelajaran dan pertumbuhan peserta didik.
PEMBAHASAN.
Dalam psikologi perkembangan siswa, motivasi merupakan faktor yang mempengaruhi individu untuk belajar, berkembang, dan mencapai tujuannya selama masa belajar dan pertumbuhan pribadi.