Mohon tunggu...
Afham Hanan
Afham Hanan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Semeseter 1/Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Perkenalkan, saya Muhamad Afham Hanan. Saya adalah mahasiswa baru semester 1 yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi Saya pernah sekolah di SMA Yadika 6 Pondok Aren, SMPN 22 Kota Tangerang Selatan, MI Soebono Mantofani, tetapi saya hanya sampai kelas 4 MI disana, lalu saya pindah di SDN Parung Serab ketika saya duduk dibangku kelas 5-6 SD saat itu. Saya lahir di Jakarta, 28 Oktober 2003. Saya dilahirkan oleh ibu yang sangat cantik dan di adzani oleh ayah saya yang tampan dan pemberani. Saya biasa dipanggil Babam oleh teman-teman dekat saya, saya merupakan salah satu orang yang memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terhadap perfilman khususnya Marvel Studio. Selain memiliki ketertarikan pada dunia perfilman saya juga sangat memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap organisasi, saya selalu ingin unggul di setiap klinik dari orang lain. Kalau kata orang tua ku, aku adalah anak yang ambis dan aktif , karena itu saya bangga dengan diri saya sendiri karena saat ini saya sudah cukup banyak meraih berbagai prestasi di berbagai macam bidang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran dan Tujuan Pemuda Muhammadiyah dalam Mewujudkan Masyarakat Islam Sejati

18 Juni 2024   19:42 Diperbarui: 18 Juni 2024   19:46 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta, 1 Mei 2024 - Pemuda Muhammadiyah merupakan organisasi otonom di bawah naungan Muhammadiyah yang memiliki peran penting dalam mencapai visi besar Muhammadiyah. Organisasi ini mengumpulkan para pemuda, khususnya pemuda Islam Muhammadiyah, untuk bersama-sama bergerak dalam berbagai bidang dengan tujuan utama mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya.


Pemuda Muhammadiyah yang bergerak dalam rentang usia 17-40 tahun ini memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya adalah mewujudkan gerakan dakwah, gerakan intelektual, dan gerakan sosial. Ketua Pemuda Muhammadiyah wilayah DKI Jakarta yang baru dilantik pada 4 Januari 2024, menjelaskan bahwa tujuan utama ini tidak terlepas dari upaya untuk mencapai visi Muhammadiyah secara keseluruhan. “Pemuda Muhammadiyah ini adalah bagian dari organisasi kepemudaan yang ada di Muhammadiyah. Organisasi ini memiliki aturan tersendiri namun tetap berpegang pada kaidah-kaidah perserikatan Muhammadiyah,” ujarnya.

Pemuda Muhammadiyah berkomitmen untuk menjadi penggerak utama dalam gerakan dakwah. Mereka mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama di kalangan pemuda dan mendorong mereka untuk aktif dalam kegiatan keagamaan. Selain itu, Pemuda Muhammadiyah juga mendorong gerakan intelektual di kalangan anggotanya. Mereka mengadakan diskusi-diskusi, seminar, dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pemuda, sehingga mereka bisa berkontribusi lebih baik dalam masyarakat.

Gerakan sosial juga menjadi fokus utama Pemuda Muhammadiyah. Mereka aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat, seperti bakti sosial, bantuan kemanusiaan, dan berbagai kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, Pemuda Muhammadiyah tidak hanya berperan dalam bidang keagamaan dan intelektual, tetapi juga dalam bidang sosial.

Ketua Pemuda Muhammadiyah wilayah DKI Jakarta juga menekankan pentingnya peran pemuda dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Kami ingin mengembangkan UMKM di kalangan Muhammadiyah. Salah satu contohnya adalah usaha oleh-oleh khas Jakarta yang dimiliki oleh salah satu anggota kami di Jakarta Utara. Kami akan membantu mengembangkan usaha ini agar bisa menjadi badan usaha milik Muhammadiyah,” tambahnya.

Pemuda Muhammadiyah, dengan segala gerakan dan program yang diinisiasi, berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya. Melalui gerakan dakwah, intelektual, dan sosial, mereka berharap dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun