Mohon tunggu...
Afandi IlhanFadillah
Afandi IlhanFadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sedang Melakukan Program PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat)

Selanjutnya

Tutup

Kkn

Menyusurui Potensi Lokal: Kelompok 2 PkM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIDA Survei dan Identifikasi Produk UMKM Desa Caringin Kulon

3 Agustus 2024   10:03 Diperbarui: 3 Agustus 2024   10:41 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Surevi dan Identifikasi UMKM Desa Caringin Kulon

Dalam semangat pengabdian, kelompok 2 program pengabdian kepada masyarakat (PkM) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Djuanda melakukan survei di Desa Caringin Kulon untuk memperdayakan masyarakat lokal dan meningkatkan potensi ekonomi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menemukan produk lokal yang potensial yang dapat diperluas untuk bersaing di pasar yang lebih luas.

Desa Caringin Kulon, yang terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, memiliki banyak sumber daya alam dan budaya yang luar biasa. Mulai dari produk pertanian, produk perikanan hingga kerjainan tangan, berbagai produk lokal di desa ini telah lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Untuk memahami lebih dalam tentang keunggulan dan kesulitan yang dihadapi oleh para pelaku lokal, Mahasiswa PkM melakukan pengumpulan data dan informasi UMKM di Desa Caringin Kulon.

Kunjungan ke rumah-rumah industri dan berbagai lokasi produksi di desa menandai dimulainya survei. Mahasiswa memperoleh pengetahuan langsung tentang proses produksi, pemasaran dan tantangan dengan berbincang langsung dengan para pelaku UMKM. Kerajinan mainan anak-anakan, makanan olahan seperti kripik pisang dan dodongkal, serta produk pertanian seperti sayuran organik dan ikan segar merupakan produk utama yang berhasil di identifikasi. 

Setelah data terkumpul, mahasiswa melakukan analisis untuk menemukan peluang pengembangan produk lokal. Dari data tersebut kemudian di pertimbangkan faktor-faktor seperti daya saing produk, potensi pasar, dan kualitas. Masyarakat dan pelaku usaha UMKM kemudian akan diberikan rekomendasi strategis berdasarkan temuan analisis. Saran-saran ini meliputi diversifikasi lini produk, peningkatan kualitas produk, dan penggunaan teknik pemasaran yang efisien untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Surevi dan Identifikasi UMKM Desa Caringin Kulon
Surevi dan Identifikasi UMKM Desa Caringin Kulon

Hasil survei dan identifikasi ini diharapkan dapat menjadi titik awal untuk meningkatkan dan mengembangan produk lokal yang ada di Desa Caringin Kulon.  Dengan adanya program PkM dan kerjasama yang baik diharapkan produk lokal Desa Caringin Kulon berpotensi menarik potensi pasar yang lebih luas dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian desa. Mahasiswa PKM berkomitmen untuk terus mendukung dan mendampingi masyarakat dalam upaya pemberdayaan ekonomi berbasis kearifan lokal. 

Bagi mahasiswa PkM Kelompok 2, menggali potensi lokal Desa Caringin Kulon merupakan pengalaman yang berharga. Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan dan kemampuan, tetapi juga merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang sesungguhnya. Diharapkan kerja sama ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi Desa Caringin Kulon.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kkn Selengkapnya
Lihat Kkn Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun