Mohon tunggu...
Aqiella Fadia Rizqi
Aqiella Fadia Rizqi Mohon Tunggu... Freelancer - Imperfect Zero Waste Fighter

Bumi, yang kuat ya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

[Komunitas Toluna] Revolusi Survei Era Digital

2 Januari 2017   23:33 Diperbarui: 2 Januari 2017   23:50 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di zaman modern seperti sekarang, segala hal semakin terasa lebih mudah saja. Semua bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Mencari hiburan, pakaian, berita, dll dapat dilakukan dalam satu saat, pokoknya online semua beres. Tak terkecuali untuk mengetahui kesukaan/kebutuhan konsumen -yang biasanya dilakukan dengan survei, sekarang bisa lebih praktis.

Sekilas dari Wikipedia, Toluna didirikan pada tahun 2000 di Prancis oleh Frédéric-Charles Petit. Yang saat itu -tahun 2000, adalah awal boomingnya internet. Sehingga Toluna memilih bertaruh pada solusi survei online. Toluna mendeklasikan perusahaannya pada tahun 2005 yang sekaligus menjadikan Petit sebagai CEO hingga saat ini. Produk dan jasa yang diberikan pun beragam. Mulai dari KomunitasOnline PanelPortal, Connect PanelPortal, SampleXpress, TOLUNA Analytics, hingga TOLUNA QuickSurveys.

Saya sendiri merupakan anggota Komunitas Toluna Indonesia -sesuai dengan judul, saya ingin sedikit berbagi apa yang saya temukan di sana. Betapa mudahnya kita melakukan 'survei'.

halaman awal id.toluna.com (1) anggota tinggal masuk, non-anggota tinggal daftar
halaman awal id.toluna.com (1) anggota tinggal masuk, non-anggota tinggal daftar
Cara Kerja

Ketika pendaftaran (untuk jadi anggota komunitas), keuntungan pertama yang kita peroleh adalah pendaftaran tidak dipungut biaya apapun, gratis tis tis, jadi agak mirip sosial media gitu.. tapi lebih mengasyikan adalah calon anggota tidak harus orang dewasa, usia 14 tahun sudah bisa daftar. Tujuan utamanya mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Setelah mendaftar kita akan dipandu, biasanya disarankan mengisi Survei Profil -semacam ngisi data diri, tapi butuh sedikit kesabaran karena sangat detail. Tapi jangan salah, satu item survei ini dihargai 100 poin. Disitu adalah awal yang baik untuk mengumpulkan banyak poin sekaligus. Hasil survei ini juga dapat mengklasifikasikan kamu untuk selanjutnya dapat ikut serta dalam survei yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar lain, seperti yang pernah saya isi adalah survei dari Nielsen, atau pun pihak survei online lain, misal GlobalTestMarket.

t22-586a6474f87e61ee33984a6d.png
t22-586a6474f87e61ee33984a6d.png
Poin yang diperoleh dapat ditukar dengan imbalan/hadiah menarik di Pusat Imbalan. (seperti gambar di bawah) Hadiah-hadiah, berisi voucher yang dapat ditukar dengan poin kisaran 10.000-50.000 poin dan pasti dapat. Berbeda dengan Gifties, yang hanya menukar sedikit poin namun belum tentu mendapatkan imbalan tersebut, bisa disebut undian. Sedangkan yang tengah, Undian hanya diperoleh satu pemenang dari setiap anggota komunitas lain yang ikut undian. Pemenang diumumkan satu bulan sekali.

Pusat Imbalan
Pusat Imbalan
Konten

Konten dapat berupa masalah umum, masalah pribadi, ataupun sesuatu yang belum diketahui dalam bentuk tulisan, foto/gambar, hingga video. Kamu bebas menanyakan tentang apapun! asal tidak mengandung 'keburukan', karena jika kamu membuat konten yang melenceng, secara otomatis kontenmu tidak akan dapat terkirim. Kamu bisa membuat 4 jenis konten (gambar di bawah). Jajak Pendapat (disajikan dalam bentuk pilihan daftar jawaban atau memberikan pilihan dari poin-poin. maksimal 10 poin jawaban), Topik (mirip diskusi, kita memberikan satu permasalahan sekaligus memberi pandangan/pendapat kita secara pribadi terhadap masalah tersebut. Lalu anggota lain boleh memberikan pendapatnya masing-masing), Beri  Jempol (yang paling mudah dibayangkan, hanya memberi jempol(like/dislike) dengan gambar/video yang ada), Aduan (ini favorit saya, yaitu membandingkan dua gambar/video).

konten yang dapat kamu ciptakan
konten yang dapat kamu ciptakan
Seperti yang pernah saya temui, kebanyakan anggota membuat konten dengan hati. Jadi apa yang menjadi 'beban' mereka tuangkan di sini. Sehingga banyak konten yang menyuarakan tentang "rasanya ditikung" lah "membandingkan krisdayanti vs ashanty" lah "hadiah ultah idaman wanita" lah.. funny lah pokoknya.

Keanggotaan Dunia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun