Peningkatan Modul Digital Dalam Pembelajaran BiologiÂ
Pendidikan bukan hanya sebuah kewajiban, lebih dari itu pendidikan merupakan sebuah kebutuhan akan lebih berkembang dengan adanya pendidikan. Tujuan pendidikan itu beragam, tergantung pribadi tiap individu memandang pendidikan itu sendiri, sebenarnya pendidikan adalah sesuatu hal yang luhur, suatu pendidikan tak hanya sebatas dalam lembaga formal saja tetapi pendidikan juga ada dilingkungan informal, karena hakikatnya kita lahir sampai akhir hayat. Belajar adalah bagaimana kita berkembang untuk terus menjadi baik menjadi pemimpin di bumi ini. Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa. Dalam konteks ini, pengembangan modul pembelajaran menjadi hal yang krusial untuk meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar. Salah satu mata pelajaran yang mengalami peningkatan signifikan dalam hal modul pembelajaran adalah biologi (Husamah et al, 2019).
Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak positif terhadap cara kita mempelajari biologi. Inovasi pendidikan melalui pemanfaatan teknologi masa kini dapat mendukung aktivitas manusia di berbagai bidang (Hosseini et al., 2021). Inovasi pembelajaran melalui pengembangan system pembelajaran yang disertai dengan pengembangan pendukung kegiatan pembelajaran seperti bahan ajar, strategi belajar, dan komponen lainnya ditujukan untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Para pendidik dan pakar kurikulum telah bekerja keras untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi yang lebih memenuhi kebutuhan siswa dan lingkungan belajar yang berubah secara dinamis.
Salah satu bentuk media pembelajaran berbasis teknologi adalah modul digital. Modul digital dapat dianggap sebagai produk pendidikan yang dapat digunakan siswa kapan saja, di mana saja. Modul digital secara teknis dibuat pada saat pembuatan material.Sebagaimana diketahui, modul merupakan bahan ajar yang secara sistematis disesuaikan dengan usia dan tingkat pengetahuan siswa dan ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga siswa dapat belajar secara mandiri, dengan pendidik bertindak sebagai fasilitator (Solikha et al., 2022). Selain itu, visualisasi menjadi aspek penting dalam modul biologi modern. Gambar, animasi, dan video memberikan gambaran yang lebih jelas dan menarik mengenai konsep-konsep biologi yang kompleks. Dengan memanfaatkan multimedia, siswa dapat lebih mudah memahami proses biologis dan hubungan antarorganisme.
Pentingnya melibatkan siswa dalam pengalaman praktis dalam pembelajaran biologi juga telah diberikan perhatian serius. Modul pembelajaran yang dikembangkan dengan cermat mencakup pelaksanaan eksperimen sederhana atau simulasi yang dapat diakses secara daring. Langkah ini mendukung siswa dalam memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep biologi melalui pengalaman langsung, bahkan dalam konteks lingkungan virtual. Selain itu, modul pembelajaran biologi terbaru kami juga menekankan pendekatan situasional. Materi pembelajaran disajikan dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan isu-isu global, sehingga siswa dapat memahami relevansi konsep biologi dalam kehidupan nyata. Hal ini tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, namun juga membantu siswa menghubungkan teori dengan penerapan di dunia nyata (Jayawardana & Rina.,2020). Untuk meningkatkan keterlibatan siswa, beberapa modul pembelajaran biologi juga mengintegrasikan unsur permainan (game-based learning). Pendekatan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi siswa serta keterlibatan mereka dalam memahami materi pelajaran (Widiana,2022).
DAFTAR PUSTAKA
Hosseini, S., Peluffo, D., Okoye, K., & Nganji, J. T. (2021). The Impact of Technological Advancements on Educational Innovation (VSI-tei).Computers & Electrical Engineering, 93, 107333. https://doi.org/ https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107333.
Husamah.,Arina Restuan.,Rohmad Widodo.(2019). Pengantar Pendidikan Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Jayawardana,H.B.A.,& Rina.S.D.G.(2020).Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0.Prosiding Seminar Nasional Biologi.
Sholikha,Siti Mazilatus.,Muhammad.M.F.,&Eka.H.A.(2022).Penggunaan Modul Digital Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Program Percepatan SKS di Wilayah Surabaya.Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan,Vol 10 (1), Hal 73-82.
Widiana,I Wayan.(2022).Game Based Learning Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa Dalan Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.Jurnal Edutech Undiksha,Vol 10 (1),Hal 1-45.