pendidikan di Indonesia, pemerintah menargetkan membantu 57.000 guru memenuhi kualifikasi pendidikan Diploma 4 (D4) atau Sarjana (S1) pada tahun 2025. Langkah ini tak hanya berfokus pada peningkatan kompetensi individu, tetapi juga pada penerapan manajemen pendidikan yang lebih strategis. Sebagaimana dinyatakan oleh Bush (2020), manajemen pendidikan memegang peranan kunci dalam memastikan program peningkatan kualitas guru dapat diimplementasikan secara efektif dan berkelanjutan.
Dalam upaya meningkatkan kualitasProfesionalisme guru sangat dipengaruhi oleh kualifikasi akademik yang mereka miliki. Darling-Hammond (2017) menegaskan bahwa guru dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung memiliki keterampilan pedagogik yang lebih baik, yang pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam konteks ini, pendekatan berbasis manajemen diperlukan untuk mengatur sumber daya, waktu, dan strategi pelaksanaan agar program ini tepat sasaran.
Manajemen sumber daya manusia (HRM) juga menjadi faktor penting dalam mendukung program ini. Armstrong (2019) menjelaskan bahwa pelatihan dan pengembangan merupakan bagian integral dari HRM yang dapat memperkuat kompetensi tenaga kerja, termasuk guru. Melalui perencanaan yang matang, pemerintah dapat memastikan bahwa guru yang mengikuti program ini mendapatkan dukungan penuh dalam bentuk akses pelatihan, beasiswa, dan fasilitas belajar.
Program peningkatan kualifikasi ini juga harus memperhatikan aspek manajemen keuangan. Menurut Robbins dan Coulter (2016), pengelolaan anggaran yang efisien sangat penting dalam implementasi program berskala besar. Pemerintah perlu mengalokasikan dana secara optimal untuk mendanai pendidikan guru, termasuk melalui kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi.
Selain itu, penting bagi pemerintah untuk menerapkan manajemen perubahan (change management) dalam program ini. Kotter (2012) menekankan bahwa perubahan organisasi yang melibatkan banyak pemangku kepentingan, seperti guru dan institusi pendidikan, memerlukan pendekatan yang sistematis. Hal ini meliputi komunikasi yang efektif, pelibatan aktif guru dalam perencanaan, dan evaluasi yang berkelanjutan.
Dalam perspektif manajemen operasional, efektivitas program ini dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi. Menurut Heizer et al. (2020), integrasi teknologi dalam manajemen operasional dapat mempercepat proses administrasi, pelaporan, dan evaluasi. Pemerintah dapat menggunakan platform digital untuk memantau perkembangan peserta program secara real-time.
Lebih lanjut, pendekatan manajemen strategis juga diperlukan untuk memastikan program ini sejalan dengan visi pendidikan nasional. Bryson (2018) menyatakan bahwa strategi yang jelas dan terukur membantu organisasi mencapai tujuan jangka panjang. Dalam konteks ini, peningkatan kualifikasi guru merupakan bagian dari strategi besar untuk menciptakan pendidikan yang lebih berkualitas di Indonesia.
Partisipasi aktif dari lembaga pendidikan tinggi juga menjadi elemen penting. Menurut Marginson (2019), kolaborasi antara pemerintah dan universitas dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif bagi pengembangan profesionalisme guru. Lembaga pendidikan tinggi harus menyediakan program studi yang relevan dan fleksibel bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikan.
Dari sisi evaluasi, pemerintah harus menerapkan prinsip manajemen kinerja (performance management). Aguinis (2019) menggarisbawahi pentingnya pengukuran kinerja untuk memastikan bahwa program ini memberikan dampak positif yang terukur. Evaluasi berkala perlu dilakukan untuk menilai efektivitas program dan menyusun rekomendasi perbaikan.
Dengan pendekatan manajemen yang holistik, program peningkatan kualifikasi guru ini memiliki potensi besar untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagaimana dikemukakan oleh Fullan (2020), transformasi pendidikan hanya dapat tercapai jika ada sinergi antara pemerintah, guru, dan pemangku kepentingan lainnya. Melalui strategi yang matang, program ini dapat menjadi landasan kuat bagi pembangunan pendidikan yang lebih baik.
Daftar Pustaka
- Armstrong, M. (2019). Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page.
- Aguinis, H. (2019). Performance Management for Dummies. Wiley.
- Bryson, J. M. (2018). Strategic Planning for Public and Nonprofit Organizations. Jossey-Bass.
- Bush, T. (2020). Theories of Educational Leadership and Management. Sage Publications.
- Darling-Hammond, L. (2017). The Flat World and Education. Teachers College Press.
- Fullan, M. (2020). Leading in a Culture of Change. Jossey-Bass.
- Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2020). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management. Pearson.
- Kotter, J. P. (2012). Leading Change. Harvard Business Review Press.
- Marginson, S. (2019). Higher Education and the Common Good. Melbourne University Press.
- Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management. Pearson.