Mohon tunggu...
AEEC UNAIR
AEEC UNAIR Mohon Tunggu... Lainnya - Pelatihan Profesional
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Airlangga Executive Education Center Lembaga executive education yang ditujukan untuk manajemen muda, madya hingga, senior dari berbagai sektor industri.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

5 Proses Manajemen Strategi dalam Bisnis

4 Februari 2024   13:26 Diperbarui: 4 Februari 2024   13:28 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 


Manajemen strategi adalah pendekatan terstruktur untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan strategi yang dirancang untuk mencapai tujuan dan visi jangka panjang suatu bisnis. Proses manajemen strategi melibatkan serangkaian langkah-langkah yang membimbing perusahaan dari perumusan hingga implementasi strategi. Berikut adalah penjelasan mengenai lima proses manajemen strategi dalam bisnis:

Penetapan Visi dan Misi:

  • Proses ini dimulai dengan menetapkan visi, yang merupakan gambaran jangka panjang tentang arah dan tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Sementara itu, misi menetapkan alasan eksistensi perusahaan dan tujuan intinya. Visi dan misi yang jelas memberikan panduan strategis yang kuat bagi organisasi.

Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal:

  • Perusahaan harus memahami faktor-faktor eksternal dan internal yang dapat memengaruhi kinerjanya. Analisis lingkungan mencakup evaluasi peluang dan ancaman di pasar, tren industri, dan perubahan regulasi. Analisis internal melibatkan evaluasi kekuatan dan kelemahan organisasi, termasuk sumber daya dan kemampuan yang dimiliki.

Penetapan Tujuan dan Sasaran:

  • Selanjutnya, perusahaan menetapkan tujuan jangka panjang dan sasaran spesifik yang terukur untuk mencapai visi dan misi. Tujuan ini memberikan fokus yang konkret dan memberikan dasar bagi pengukuran kinerja di masa depan.

Pemilihan Strategi:

  • Dalam tahap ini, organisasi mengidentifikasi dan memilih strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pilihan strategi harus sejalan dengan analisis lingkungan dan internal yang telah dilakukan. Ini bisa melibatkan penetapan posisi pasar, diferensiasi produk, atau fokus pada efisiensi operasional.

Implementasi dan Monitoring:

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
    Lihat Entrepreneur Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun