Mohon tunggu...
adyuta prajanggasya
adyuta prajanggasya Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

saya orang yang ceria

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengenalan Program Studi Sains Informasi

26 Oktober 2023   21:33 Diperbarui: 26 Oktober 2023   21:45 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

sains informasi merupakan suatu program studi didalam fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas pembangunan nasional veteran jakarta, dan jurusan ini hanya ada di Universitas pembangunan nasional veteran jakarta. Sains informasi bertujuan agar bisa menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang preservasi data dan pengelolaan informasi sosial yang berwawasan digital untuk pembangunan nasional, menghasilkan sarjana sains informasi yang memiliki keahlian agar profesional dalam melakukan penelitian dalam memiliki karya digital berbasis riset dan bisa melakukan pengabdian masyarakat, mensosialisasikan dan menerapkan hasil penelitian yang memiliki kualitas.

Sains informasi mempunyai profesi lulusan yang sangat beragam, diantaranya, Analis data sosial yang memiliki kemampuan analisa data terutama data sosial, Analisi informasi yang memiliki skill mengumpulkan informasi dan mengoranisir informasi tersebut, Business Intelligence yang memiliki keahlian dalam mengolah data perusahaan yang bertanggung jawab dalam menemukan metode analisis informasi yang memiliki hubungan dengan bisnis yang dijalani, UX Research and Architecture yang berkemampuan dalam membangun arsitektur informasi, knowledge manegemet yang sangat ahli dalam mengelola data sumber informasi dan mengatur informasi dan pengelolaan sistem pengetahuan organisasi juga mengelola konten sosial media.

Menurut pengalaman saya sebagai mahasiswa baru Sains informasi dalam 3 bulan ini saya sudah mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan sains informasi. diantaranya Literasi Digital yang mempelajari tentang perkembangan sosial media, Dasar Dasar Ilmu Sosial yang mempelajari manusia bersosial, Teknologi informasi dan Sains Data yang mempelajari kemajuan teknologi modern, juga Pengantar Ilmu Informasi yang membahas tentang bagaimana seluk beluk ilmu informasi seperti bagaimana sebuah informasi dapat diterima hingga bagaimana informasi tersebut dapat menyesatkan karena informasi yang salah

kesan saya sebagai mahasiswa sains informasi, saya merasa sangat senang dan merasa ilmu yang saya pelajari sangat bermanfaat bagi saya dan orang banyak, karena setelah saya mempelajari mendalam saya jadi lebih paham menggunakan teknologi terutama media sosial, saya menjadi orang yang dapat menggunakan fitur fitur search engine dan saya menjadi orang yang lebih bijak dalam bermedia sosial juga dapat menyusun informasi dengan baik.

Harapan saya, Semoga Sains informasi dapat lebih dikenal oleh orang banyak karena di era kemajuan teknologi seperti sekarang Sains informasi merupakan salah satu program studi yang tepat dan dapat dipertimbangkan oleh orang yang memiliki ketertarikan dengan teknologi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun