The Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) baru saja meluncurkan program “Youth Leader in Sustainability” dengan berkolaborasi bersama WWF Indonesia, The Body Shop, dan SINAR MEADOW pada 24 Januari kemarin. Program tersebut ditujukan untuk mencari pemimpin masa depan yang akan menjadi duta kampanye Sustainabilty.
Program “Youth Leader in Sustainability” merupakan lanjutan dari hasil studi persepsi konsumen yang diselenggarakan RSPO pada 2015 lalu yang menunjukkan fakta bahwa masih rendahnya pemahaman lingkungan dan masyarakat, serta besarnya kekuatan konsumen dalam mewujudkan praktek minyak kelapa sawit berkelanjutan sebagai norma di Indonesia.
Untuk itu, program ini menyasar para mahasiswa di seluruh universitas Indonesia yang dianggap dapat menyampaikan pesan dan edukasi mengenai kelapa sawit ramah sosial, ramah lingkungan, serta gaya hidup ramah lingkungan. Program ini berlangsung dari Januari hingga Mei 2017 dengan serangkaian kegiatan roadshow ke berbagai universitas, seminar, hingga tahap seleksi.
“Produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan yang telah mendapat sertifikat RSPO secara global saat ini mencapai 12.15 juta ton atau 17% dari total produksi minyak kelapa sawit dunia. Namun begitu, penyerapan minyak kelapa sawit berkelanjutan dalam negeri masih minim karena permintaannya yang rendah. Oleh karena itu, kegiatan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran konsumen yang didukung dengan peningkatan permintaan atas produk minyak kelapa sawit berkelanjutan,” ungkap Tiur Rumondang selaku Direktur RSPO Indonesia.
Minyak kelapa sawit merupakan komoditas yang sangat populer dan banyak digunakan dalam produk sehari-hari manusia seperti minyak goreng, margarin, cokelat, es krim, sabun, kosmetik, bahkan bahan bakar kendaraan dan pembangkit listrik. Itulah tugas Duta “Youth Leader in Sustainability” untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak positif minyak kelapa sawit berkelanjutan bagi lingkungan, sosial, dan ekonomi.
Sementara itu, Executive Chairwoman The Body Shop Indonesia mengungkapkan keterlibatan perusahaan dalam program ini merupakan bentuk komitmen global bertajuk “Enrich Not Exploit, It’s in Our Hands” yang bertujuan mencapai keberlanjutan sejat dan menjadi bisnis global paling beretika di dunia.
Sebagai perusahaan Joint Venture antara Sinar Mas Group Indonesia dengan Goodman Fielder Australia, SINAR MEADOW pun turut serta berkomitmen untuk memberikan produk yang diproduksi secara berkelanjutan seperti yang diungkapkan Melvin Darmadinata, GM SINAR MEADOW.
Program “Youth Leader in Sustainability” juga mendapat dukungan dari KampusUpdate.com sebagai salah satu media yang dekat dengan mahasiswa. Nantinya, para mahasiswa akan melalui tahapan seleksi mulai dari kompetisi melalui Sustainability Quest app yang dapat diunduh di Google dan Apple Store. Sepuluh mahasiswa terpilih akan diundang untuk penjurian dan tiga yang terbaik akan menjadi duta “Youth Leader in Sustainability”. Para pemimpin muda ini akan diberikan kesempatan untuk magang selama enam bulan di kantor RSPO Jakarta dan para mitra pendukung program untuk mewujudkan ide kampanye sustainability.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H