Apa arti dari content creator? Seperti diketahui, saat ini pembuat konten menjadi salah satu profesi yang banyak diidam-idamkan oleh siapa saja tidak hanya anak muda namun anak-anak di usia dini juga semuanya ingin jadi seorang content creator. Lalu apa sebenarnya arti dari content creator itu sendiri?
 Pengertian Content CreatorÂ
Content creator merupakan seseorang yang punya tanggung jawab untuk setiap informasi di media terutama pada media digital dan punya target audiens masing-masing. Jadi bisa dibilang seorang pembuat konten adalah orang yang membuat materi atau konten dengan menambahkan nilai edukasi dan juga hiburan di dalamnya. Adapun materi yang dibuat bisa disesuaikan dengan ketertarikan dari penonton atau audiens.
Membuat konten biasanya menggunakan banyak platform terutama sosial media untuk menyebarkan konten yang dibuat. Saat ini banyak pembuat konten, tidak hanya berasal dari kalangan selebritis namun orang biasa yang kemudian bisa tiba-tiba sukses lewat konten unik yang dibuat. Maka dari itu bisa dibilang siapapun bisa menjadi seorang content creator.
Pertama-tama seorang konten kreator harus membuat video dengan berbagai tema yang unik, lalu disebar ke sosial media maka ini bisa disebut dengan pembuat konten atau content creator. Apakah seorang pembuat konten harus kreatif? Tentu saja harus, karena konten yang dibuat harus melibatkan kreativitas untuk menarik perhatian banyak orang. Selain kreativitas tentu saja harus punya logika yang bagus agar konten Anda bisa dipahami dan dapat menggaet para penonton.
 Cara Menjadi Content Creator
Setelah mengetahui pengertian dari content creator, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi pembuat konten terutama bagi Anda para pemula.
1. Menentukan Tujuan
Hal pertama yang harus dilakukan sebagai pembuat konten adalah menentukan tujuan Anda sebagai konten kreator terlebih dahulu. Misalnya apa yang ingin Anda capai lewat content tersebut, apakah ingin meningkatkan penjualan produk ataupun membangun merek. Dengan memiliki tujuan, maka Anda akan lebih fokus dan bisa mengukur tingkat keberhasilan konten yang dibuat.
Dengan menentukan tujuan, Anda juga lebih mudah untuk menemukan target audiens yang tepat. Kenali audiens untuk menciptakan konten yang menarik dan relevan dengan para penonton. Anda bisa mempelajari siapa audiens, apa yang disukai dan apa yang ingin dipelajari atau dilihat dari konten Anda nantinya. Kemudian jangan lupa lakukan interaksi lewat komentar atau survei, yang dapat membuat Anda memahami apa yang dibutuhkan oleh target audiens.
2.Lakukan dengan Konsisten
Cara terbaik untuk menjadi seorang content creator adalah harus punya konsistensi dalam menghasilkan video. Konten yang konsisten dapat membuat Anda mempunyai para penonton setia. Anda harus komitmen terlebih dahulu untuk membuat jadwal saat memposting konten secara teratur. Dengan punya jadwal, dapat membantu para penonton untuk mengetahui kapan mereka bisa menemukan konten baru dari Anda.
3. Manfaatkan Sosial Media
Bisa dibilang sosial media merupakan senjata utama para pembuat konten. Namun pastikan pilih platform yang tepat sesuai dengan audience Anda. Jangan terpaku pada satu sosial media saja melainkan bagikan postingan konten Anda di beberapa platform untuk mencapai audiens yang lebih luas.
4. Jadi yang Paling Unik
Tidak hanya membuat konten yang original namun pastikan Anda harus menjadi content creator yang otentik dan punya ciri khas. Cara ini dapat membuat Anda bisa membedakan diri dari konten serupa di pasaran. Caranya adalah dengan punya ciri khas sendiri dan tidak boleh takut untuk mengekspresikan kepribadian dalam konten. Originalitas dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan audience.
5. Interaksi dengan Audiens
Cara ini juga cukup efektif untuk membuat konten Anda punya tempat di hati para penonton. Karena berinteraksi dapat membangun keterlibatan dan hubungan yang lebih dekat. Salah satu caranya adalah dengan membalas komentar atau pesan dari para penonton. Anda juga bisa membuat konten video yang isinya mengajak penonton atau pembaca berpartisipasi dalam diskusi atau membantu Anda memilih sesuatu dengan tema tertentu.
6. Terus Belajar
Dengan terus belajar maka konten Anda akan berkembang. Jangan takut pula untuk mencoba hal-hal baru dan pastikan beradaptasi dengan tren serta perubahan pasar. Cara ini membuat Anda tidak ketinggalan dibanding konten kreator lain dan membuat konten-konten Anda masih tetap relevan dengan audience.
Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu content creator dan juga apa yang harus dilakukan untuk menjadi konten kreator sukses. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk memposting konten salah satunya di Shopee Video, apalagi jika ingin meningkatkan penjualan produk atau mendapatkan komisi lewat afiliasi di Shopee. Karena di Shopee para pembeli bisa mendapatkan produk incarannya lewat Shopee Video. Anda juga bisa berkesempatan dapatkan cashback 40% setiap hari dan belanja murah di kategori produk apapun. Manfaatkan pula fitur COD cash on delivery untuk belanja dengan dana tunai saat barang sampai ke alamat tujuan. Pastikan saat COD Cek Dulu di Shopee sebelum belanja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H