Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Editor - Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

WhatsApp API dari Mekari Qontak, Sebuah Inovasi Berbisnis di Era Digital

17 Juni 2022   21:50 Diperbarui: 17 Juni 2022   22:05 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tren berbelanja online maupun bisnis digital makin digemari oleh pelaku bisnis maupun konsumen di Indonesia. Tren go digital tentu juga dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang turut bergeser setiap harinya.

Studi dari McKinsey menyebutkan sebanyak 80% responden memiliki perilaku konsumen yang baru dan setengahnya telah menggunakan saluran baru dalam berbelanja. Hal tersebut juga didorong dengan adanya perubahan aktivitas konsumen yang semakin go digital untuk memenuhi kebutuhannya.

Salah satu sistem yang populer di kalangan pebisnis saat ini adalah WhatsApp API. Data dari Hootsuite mencatat bahwa sekitar 61,8% penduduk Indonesia menggunakan media sosial, dengan penggunaan WhatsApp dan Instagram di posisi tiga teratas sebagai media sosial yang paling banyak digunakan.

WhatsApp (WA) kini menjadi platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga banyak bisnis yang memanfaatkan WhatsApp API sebagai media pemasaran dan promosi. 

WhatsApp Business API adalah platform yang dapat digunakan oleh bisnis untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dalam skala besar serta dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti CRM dan Omnichannel.

Pemasaran lewat sosial media juga lebih mudah diakses, hemat biaya serta memberikan jangkauan yang lebih luas. Kegiatan layanan pelanggan juga perlahan mulai berpindah dari telepon langsung menjadi menggunakan pesan singkat (chat).

"WhatsApp Business memiliki peran penting dalam pemasaran yakni menarik perhatian pelanggan. Sehingga wajar jika API WhatsApp dinilai cukup efektif untuk meningkatkan penjualan, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan" ujar Brendan, SVP Growth Marketing Mekari.

Untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah kegiatan bisnis melalui WhatsApp API ini, diperlukan sistem aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai saluran media sosial ke dalam satu aplikasi. Sistem ini disebut dengan Omnichannel CRM (Customer Relationship Management).

Aplikasi omnichannel CRM Mekari Qontak mengintegrasikan berbagai media sosial maupun email kedalam satu aplikasi sehingga membantu agen customer service atau pelaku bisnis bekerja lebih terkoordinasi. 

Mekari Qontak merupakan perusahaan Omnichannel CRM nomor 1 di Indonesia yang juga merupakan Mitra Bisnis Resmi dari WhatsApp Business API

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun