Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Editor - Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat Indonesia, Gramedia dan TikTok Hadirkan Kompetisi #SerunyaMembaca

25 April 2022   09:42 Diperbarui: 25 April 2022   09:48 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

JAKARTA, 20 April 2022 -- Berdasarkan hasil survey terbaru yang dilakukan oleh UNESCO pada Januari 2020, dalam studi bertajuk "Literasi Dunia", Indonesia merupakan negara dengan urutan kedua dari bawah dalam hal minat baca masyarakat. 

Data ini secara spesifik menunjukan Indonesia menempati posisi ke-69 dari 127 negara dalam hal literasi, dengan minat baca masyarakat Indonesia, hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang memiliki minat baca tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki minat baca yang cenderung rendah.

Oleh karena itu, untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia, Gramedia berkolaborasi dengan TikTok untuk menghadirkan kompetisi bertajuk #SerunyaMembaca yang akan diselenggarakan mulai 23 hingga 30 April 2022. 

Kompetisi ini merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh Gramedia dan TikTok dalam rangka Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April setiap tahunnya.

Melalui metode gamification, Gramedia bersama TikTok ingin menunjukkan bahwa buku dapat menjadi media kegiatan yang seru dan menarik yang diharapkan dapat mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih banyak membaca ke depannya.

Kampanye #SerunyaMembaca ini, merupakan upaya Gramedia x TikTok, untuk menunjukan pentingnya media buku sebagai sarana ilmu dan hiburan serta kegiatan yang seru dan menarik bagi semua kalangan. 

Melalui #SerunyaMembaca, para pengguna TikTok juga dapat menemukan buku favorit, serta inspirasi rekomendasi bacaan baru. Selanjutnya, melalui fitur TikTok Shop, para pengguna dapat langsung membeli buku yang disukainya melalui TikTok. Dari upaya ini, Gramedia dan TikTok ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih banyak membaca.

Lebih lanjut, kampanye #SerunyaMembaca merupakan kompetisi daring antara pengguna TikTok di seluruh Indonesia untuk menyuarakan semangat literasi, sekaligus memperebutkan total hadiah 28 juta rupiah, dan voucher Gramedia khusus bagi para kreator konten terbaik.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta harus membuat minimal dua konten orisinal berupa video edukatif dan informatif seputar rekomendasi buku, kutipan terbaik dari buku yang pernah dibaca, ulasan buku, unboxing buku, atau konten serupa. Peserta dapat mengunggah konten yang dikemas secara seru dan menarik ke TikTok menggunakan tagar #SerunyaMembaca.

Untuk mendapatkan gambaran tentang konten yang dapat diunggah, peserta dapat melihat terlebih dahulu contoh konten video dapat disaksikan melalui tautan berikut: 

Video 1, Video 2, Video 3, Video 4, Video 5. Para pemenang berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah hingga 28 juta rupiah, dan voucher Gramedia. Pemenang dari kompetisi #SerunyaMembaca ini akan diumumkan pada 15 Mei 2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun