Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) bekerja sama dengan keluarga besar Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance menggelar kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang pada pelaksanaannya diadakan di semua jaringan kantor wilayah/cabang Danamon dan anak perusahaannya di seluruh Indonesia.
Khusus Danamon dan Adira wilayah kota Palembang, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan meliputi pengembangan sarana prasarana taman baca masyarakat (TBM) berupa proyektor, white screen, printer, rak buku, karpet, meja-kursi lipat, permainan edukasi dan lainnya.
Hasil penelitian Perpustakaan Nasional RI tahun 2017 menyebutkan bahwa rata-rata masyarakat Indonesia dalam setahun membaca buku hingga selesai hanya berjumlah 5 - 9 buku. Riset lain mengungkapkan bahwa minat baca Indonesia hanya 0,01%, bandingkan dengan rakyat Jepang di angka 45% dan Singapura sebesar 55%. Rendahnya angka minta baca ini, salah satu penyebabnya adalah karena keterbatasan bahan bacaan, akses terhadap buku bermutu dan sarana yang mendukung untuk masyarakat mencintai kegiatan membaca. Untuk mengatasi hal ini, kami ingin berkontribusi dalam mendukung peningkatan minat baca masyarakat khususnya anak-anak" jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.
Setiap tahunnya Danamon Peduli mengalokasikan Rp2,5 miliar untuk pelaksanaan berbagai inisiatif lingkungan dan kemasyarakatan. Restu Pratiwi menambahkan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan (SDGs), melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, Danamon Peduli bersama keluarga besar Danamon, yaitu Adira Finance, dan Adira Insurance mengajak masyarakat yang ada di wilayah kerja untuk lebih peduli dan beraksi nyata untuk menjawab berbagai tantangan sosial di masing-masing wilayahnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H