Perkembangan teknologi mengubah kebiasaan masyarakat dalam beberapa hal. Salah satunya, anak-anak menjadi lebih sering bermain melalui permainan yang ada dalam gawai.
Menjawab tantangan tersebut, Faber-Castell sebagai produsen alat tulis terbesar dan tertua, terus berinovasi menghadirkan produk-produk terbaik. Diantaranya, melalui perpaduan antara menggambar secara konvensional dengan kemajuan teknologi Augmented Reality (AR) melalui produk Colour to Life (CTL). Pengunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam buku mewarnai ini membuat karakter yang diwarnai bisa menjadi lebih "hidup".
"Dengan derasnya pengaruh arus digitalisasi dan gawai saat ini, sehingga tidak mungkin bisa melarang anak untuk tidak menggunakan gawai sama sekali. Orang tua harus bijaksana, dengan menyimbangkan penggunaan gawai dengan kegiatan non gawai seperti menggambar dan mewarnai karena selain mengasah kreativitas, juga untuk relaksasi", ujar Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim, saat di temui dalam peluncuran Colour to Life (CTL) di Gramedia Central Park-Jakarta pada Sabtu (7/4/2018).
Produk ini memperlihatkan bahwa anak-anak bisa menjadi subyek dan bukan sepenuhnya obyek dari mainan digital. Jadi, anak-anak bisa diarahkan berperan sebagai kontributor dalam dunia digital melalui karakter atau objek yang mereka warnai untuk dipakai dalam games yang berfungsi untuk stimulasi otak dan melatih konsentrasi.Â
Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen, menambahkan informasi bahwa dalam produk CTL ada 5 games yaitu Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance your Brain dan Safe Flight yang terdiri dari 15 gambar yang bisa diwarnai dengan produk connector pen yang terdapat dalam paket produk.
Kelima games masing-masing memiliki karakter dan manfaatnya tersendiri. Games Safe Flight, Giddy Up, dan Pogo Boy dapat melatih konsentrasi dan motorik, sementara Dress up Challenge, dan Balance yor Brain mempunyai keunggulan untuk melatih keseimbangan otak kiri & kanan.
Buku Colour to Life ini akan mulai dapat di beli pada April 2018 ini di semua jaringan toko buku Gramedia di Jakarta dan kota-kota besar, serta melalui Official Store Faber-Castell di Tokopedia, Buka Lapak dan Blibli.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H