Perkembangan industri bisnis e-commerce berkembang pesat di Indonesia. Hal ini sudah menjadi tren tersendiri sekaligus sebagai salah satu pilihan dalam berbisnis. Tak hanya bagi para pelaku bisnis, industri bisnis digital dalam hal ini bisnis e-commerce juga menarik perhatian masyarakat sebagai konsumen dalam melakukan transaksi jual beli online yang lebih mudah dan efisien.
Memang manfaat e-commerce bagi masyarakat Indonesia sangat terasa. Apalagi melihat kemacetan di kota besar seperti Jakarta yang membuat sebagian besar waktu masyarakat dihabiskan di jalanan. Namun yang masih menjadi kelemahan dalam bisnis e-commerce antara lain terkait faktor keamanan sistem pembayaran, karena dalam setiap transaksi pembeli dan penjual tidak saling kenal dan tidak saling bertemu.
Supaya transaksi bisnis e-commerce lebih aman, nyaman, mudah dan cepat, Bank BRI memperkenalkan solusi sistem pembayaran yaitu e-pay BRI. Produk perbankan dari BRI ini diperkenalkan dalam talkshow bertajuk “Bring Up, Embracing e-Commerce Booming” yang diselenggarakan di Hotel Fairmont Jakarta pada Kamis (16/6).
e-pay BRI memiliki lebih dari 100 merchantonline dari beragam jenis usaha di seluruh Indonesia. Nasabah yang teregistrasi Internet Banking BRI otomatis dapat menggunakan e-Pay BRI. Selain itu, sebagai solusi sistem pembayaran uang elektronik T-Bank, e-pay BRI bisa digunakan bagi nasabah yang belum memiliki rekening (bahkan non nasabah BRI). Transaksi pun aman dengan menggunakan paycode yang dikirim langsung ke handphone nasabah.
E-pay sebagai produk e-commerce BRI telah dikembangkan sejak tahun 2012. Dari berbagai sisi, e-pay BRI selalu menunjukkan trend yang positif. Untuk transaksi e-pay BRI per posisi April 2016, tercatat kenaikan sebesar 309% year on year. Sedangkan dari sisi merchant, rata-rata penambahannya tercatat 20% setiap tahunnya.
Selain e-pay BRI, ada juga solusi sistem pembayaran lainnya yang ditawarkan yaitu Kartu Kredit BRI yang sangat beragam jenisnya. Mulai dari kartu kredit standard, gold, platinum, visa touch, visa infinite, corporate card, business card dan co-branding. Semua kartu kredit ini bisa dipakai di lebih dari 50 merchant seperti market place, segmented, atau general.
Transaksi e-commerce pun akan jadi lebih aman karena kartu kredit BRI ini memiliki fitur Visa 3D Secure dan SMS notifikasi untuk setiap transaksi yang dilakukan. Belum lagi program promo menarik serta gratis biaya tahunan bagi para pemegang kartu. Nasabah juga bisa mendapatkan layanan cicilan 0% dengan tenor sampai dengan 24 bulan, ataupun program tertentu lainnya.
Selain program promo, Bank BRI dan merchant e-commerce juga menawarkan layanan payment gateway bagi para nasabah. Sampai dengan saat ini merchante-commerce yang telah memiliki payment gateway Bank BRI antara lain McDelivery.co.id, Tokopedia, dan lainnya.
Diketahui, jumlah pemegang kartu kredit Bank BRI sampai saati ini tercatat sebanyak 1,23 juta cardholder, dengan rata-rata transaksi sebesar Rp397 milyar per bulan. Sementara untuk transaksi rata-rata setiap bulan pada merchant e-commerce sebesar 2.868 transaksi dengan volume penjualan rata-rata sebesar Rp10,5 milyar.
Melihat perkembangan tersebut, Bank BRI optimis menjadi national payment gateway terbesar di bidang bisnis e-commerce Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H