Jurnal Refleksi dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh calon guru penggerak pada pendidikan guru penggerak. Jurnal refleksi dwimingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan yang wajib yang harus dilakukan oleh para Calon Guru Penggerak (CGP).
Pada bagian ini, saya akan merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 1.1. yaitu tentang Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hajar Dewantara dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.
Fact (Peristiwa)
Program Guru Penggerak angkatan 8 dibuka perdana oleh Menteri Kemdikbudristek, Nadiem Anwar Makarim B.A. M.B.A, Dirjen GTK, Prof. DR. Nunuk Suryani, M.Pd dan Dr. Praptono, M.Ed pada hari Rabu, 10 Mei 2023 melalui video conference dan disiarkan secara langsung melalui Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI. Pada tanggal 11 dan 12 Mei 2023 seluruh Calon Guru Penggerak (CGP) diwajibkan mengerjakan pretest di LMS akun guru penggerak. Pada tanggal 19 Mei 2023 diadakan Lokakarya Orientasi secara luring di Aula SMP Negeri 3 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dari pukul 08.00 s.d. 16.00 WITA.
Dalam kegiatan Lokakarya Orientasi diundang juga Pengawas dan Kepala Sekolah CGP. Kegiatan ini di buka oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Dominggus J.O Banunaek, M.Si, serta hadir juga Kooordinator Pengawas (KorWas) tingkat SMP dan SMA Kabupatern Timor Tengah Selatan. Setelah membuka kegiatan secara resmi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga menyampaikan materi penguatan Pendidikan Guru Penggerak. Tujuan Lokakarya Orientasi ini adalah 1) Agar Calon Guru Penggerak (CGP) mengenal ekosistem belajar di program guru penggerak; 2) Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan); 3) Calon Guru Penggerak (CGP) Â mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak; 4) Calon Guru Penggerak (CGP) Â dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi; dan 5) Calon Guru Penggerak (CGP) memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi.
Dalam kegiatan Lokakarya Orientasi ini ada beberapa hal yang dibelajarkan, yaitu kesepakatan kelas, harapan dan kekhawatiran, pengantar program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) dan perjalanan CGP, posisi diri, rencana pengembangan kompetensi diri, pengenalan portofolio digital, serta refleksi peserta CGP.
Pada kegiatan Lokakarya Orientasi ini CGP diberikan tugas untuk mengerjakan Lembar Kerja (LK), yaitu LK 1 tentang Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah, LK 2 tentang Pengecekan Mandiri Kompetensi GP, LK 3 tentang Evaluasi Diri Guru Penggerak, LK 4 tentang Rencana Pengembangan Kompetensi DIri dan LK 5 tentang Evaluasi Lokakarya Orientasi.
Dengan bimbingan Bapak Muhamad Golkar Arifoeddin, S.Pd., M.M selaku Pengajar Praktik, saya merasa kegiatan Lokakarya Orientasi ini menjadi sangat menyenangkan. Beliau juga memberikan motivasi dan semangat kepada CGP agar tidak putus asa jika mengalami kendala.
Selama dua minggu, saya belajar melalui LMS tentang Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara bersama fasilitator Bapak Obed Lepa Saba Kulla, M.Si. Kegiatan yang dilakukan dalam LMS, diantaranya Pendahuluan, Forum Komunikasi Modul 1.1, Mulai dari diri, eksplorasi konsep (Forum diskusi modul 1,1 di ruang diskusi virtual), Â ruang kolaborasi (diskusi dan presentasi, Ungghah tugas), demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi (kesimpulan dan refleksi), aksi nyata dan penutup modul 1.1. Pada tanggal 24 Mei 2023, diadakan kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama Instruktur Bapak I Ketut Suarnaya, M.Pd melalui Google Meet tentang pemahaman mendalam konsep dasar pendidikan Ki Hajar Dewantara; menuntun, kodrat anak -- merdeka, beriman, pendidikan yang berpihak pada murid, bukan tabula rasa dan budi pekerti
Feeling (Perasaan)