Mohon tunggu...
Adriana NoviaS
Adriana NoviaS Mohon Tunggu... Hoteliers - adriana_novia

adriana_novia

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Kinerja Humas dengan Jatim Park Group

28 Desember 2018   18:20 Diperbarui: 28 Desember 2018   23:42 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berbagi cara Menjadi Public Relations yang Baik dengan Jatim Park Group

Batu, 14 Desember 2018 -- Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan studi ekskursi ke kota Batu. Dengan tema "Implementasi Komunikasi sebagai Edukasi dalam Dunia Kerja" kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan tentang dunia kerja dalam bidang ilmu komunikasi.

 Di dalam kegiatan studi ekskursi terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan perusahaan, dan juga kita mengunjungi beberapa tempat seperti Gedung DPRD mengajarkan kami untuk mempelajari tentang sosial, dan EBS radio disana kita juga banyak memepelajari tentang cara berkomunikasi di dunia radio, dan yang saya bahas salah satunya membahas tentang Public Relations yang ada Jatimpark Group.

Jatimpark Group adalah perusahaan yang mengelola dan mengembangkan tempat pariwisata yang ada di Jawa Timur khusunya di kota Batu, terdapat beberapa tempat wisata yaitu, Jatim Park 1,2,3, BNS (Batu Night Spectaculer), Museum Angkut dan lain-lain yang dimiliki oleh Jatim Park. Saat awal terbentuknya Jatim Park 1 pada tahun 2001 kegiatan promosi masih dengan cara konvensional seperti membuat banner dengan triplek dan membagikan brosur ke pengendara mobil dan motor di jalan raya.

Ada beberapa cara untuk  menjadi seorang Public Relations yang baik yaitu "Membuat berita yang menarik untuk dipublikasikan karena akan mengangkat citra dari perusahaan tersebut, seorang Public Relations juga harus pintar mengcover berita buruk mengenai perusahaan dengan cara membuat berita yang baik, serta seorang Public Relations harus menerima jika ada respon negatif dari pengunjung mengenai perusahaan dan membalasnya dengan respon yang positif dengan meyadari kesalahan atau kekurangan yang dimiliki perusahaan secara profesional" Ujar Titik S. Ariyanto selaku Manager Operasional Museum Angkut dan Jatim Park Group.

Materi Public Relations yang disampaikan oleh Titik juga mencakup cara publikasi Jatim Park Group saat ini, yaitu melalui sosial media seperti Instagram dan Youtube. Jika ada kunjungan spesial dari kalangan artis, pihak Public Relations Jatimpark akan menyambutnya dengan ramah dan menjamu artis tersebut, supaya mendapat kesan yang baik dan artis tersebut mau mempromosikan Jatimpark di akun sosial medianyadan mereview. Hal ini akan menambah keuntungan dari Jatimpark Group sendiri.

Selama kegiatan studi ekskursi tersebut mahasiswa ilmu komunikasi UNTAG Surabaya telah mendapat edukasi dan wawasan yang cukup banyak dan mahasiswa juga dapat merencanakan peluang kerja. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun