Mohon tunggu...
Adrian Amsari Sukdani
Adrian Amsari Sukdani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hallo, saya Adrian Amsari mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 5 Universitas Katolik Parahyangan

27 Oktober 2022   21:07 Diperbarui: 27 Oktober 2022   21:11 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 23 oktober 2022 saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi 5 yang di selanggarakan oleh kampus Universitas Katolik Parahyangan. 

Disini saya akan memberikan pengalaman saat mengikuti Geladi Hominisasi 5. yang saya lakukan selama mengikuti geladi hominisasi yaitu mengerjakan tugas pra geladi yang dimana tugasnya itu menonton lagu Indonesia Raya 3 stanza lalu setelah kita mendengarkannya, lalu kita disuruh untuk menjawab pertanyaan dan kesimpulan menurut kita dari lagu tersebut. 

Setelah itu, ada tugas kedua yang dimanan menonton film yang sudah di tentukan oleh panitia Gladi Hominisasi, lalu setelah menonton film kita disuruh untuk memberikan penjelasan mengapa kita memilih film tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan.

Ketika di hari H acara Geladi Hominisasi  di mulai secara online, kita disuruh untuk join ke dalam zoom meeting dengan berpakaian rapih dan sopan. 

Setelah kita masuk kedalam zoom sebelum acara dimulai ada sesi pembukaan dan sesi doa, setelah pembukaan dan doa selesai barulah acara dimulai yang pertama ada penjelasan materi tentang Geladi Hominisasi dan juga penjelasan tentang sejarah kampus universitas katolik parahyangan. 

Selajutnya setelah sesi tersebut kita semua di berikan arahan yang dimana kita berkelompok akan membuat suatu presentasi singkat yang nantinya akan di presentasikan di depan juri. Lalu kita di arahkan untuk masuk ke dalam break out room sesuai dengan kelompoknya lalu di dalam break out room kita berdiskusi untuk membuat presentasi sesuai dengan tema yang sudah di tentukan. Setelah selesai berdiskusi lalu kita semua di pindahkan ke dalam break out room yang dimana di dalamnya sudah ada juri yang akan menilai kita saat presentasi tersebut. 

Ketika semua kelompok sudah presentasi semua lalu juri akan memilih kelompok yang akan masuk ke babak final untuk presentasi kembali. Ketika babak final dimulai para kelompok yang tadi masuk final melakukan presentasi kembali di depan para juri. Semua kelompok selesai presentasi lalu panitia akan memilih mana pemenangnya. Setelah itu lalu acara selesai lalu ditutup dengan pembacaan doa kembali dan penutupan oleh panitia.

Pengalaman saya setelah mengikuti Geladi Hominisasi yaitu saya jadi belajar bagaimana caranya berbicara dengan orang yang belum saya kenal sebelumnya, lalu berbicara di depan banyak orang dengan lancer dan tidak gugup, menambah teman baru yang berbeda jurusan dengan saya, dan mendapatkan banyak materi yang sebelumnya saya tidak tahu menjadi tahu karena mengikuti geladi hominisas. 

Menurut saya setelah mengikuti geladi hominisasi kemampuan logika dan berbahasa itu perlu karena kita sebagai warga Negara harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Kemampuan logika juga sangat penting Karena supaya kita menjadi bias mengambil keputusan dengan tepat  dan bisa berpikir secara logis.  

Manfaat setelah mengikuti Geladi Hominisasi saya banyak mendapatkan ilmu baru dan pengalaman baru. Seperti pembahasan geladi Hominisasi yang sebelumnya saya tidak tahu apa itu Geladi Hominisasi tapi setelah saya mengikuti geladi tersebut saya menjadi tahu. Pengalaman yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi yaitu mendapatkan banyak teman baru, mampu berbicara di depan banyak orang, dan juga mampu berinteraksi dengan orang lain yang belum kenal sebelumnya.

Kemampuan saya yang akan terapkan selama perjalanan kuliah setelah mengikuti geladi Hominisasi yaitu cara berbahasa yang baik dan benar ketika sedang berbicara dengan dosen atau sedang presentasi di kelas. Lalu saya juga akan melakukan cara berlogika di dalam perkuliahan contohnya seperti berdiskusi dengan logis, memikirkan sesuatu dengan matang, dan juga mengerjakan dengan loigis.cara saya meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga Negara yaitu dengan mengaplikasikan di kehidupan sehari hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun