Mohon tunggu...
Adnan Abdullah
Adnan Abdullah Mohon Tunggu... Penulis - Seorang pembaca dan penulis aktif

Membaca, memikir dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Saya Tidak Ingin Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

21 Juni 2021   21:54 Diperbarui: 21 Juni 2021   22:52 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Dalam keluarga saya tidak ada tradisi ulang tahun, sehingga sejak kecil, hari ulang tahun saya tidak pernah dirayakan, dan hal itu tidak pernah menjadi masalah buat saya. 

Ketika sudah dewasa pun, saya tidak pernah berkeinginan untuk merayakan ulang tahun, bahkan saya sering merasa risih ketika ada teman yang mengucapkan selamat ulang tahun. 

Bagi saya, hari ulang tahun justru adalah hari yang menakutkan karena itu berarti jatah umur saya berkurang lagi setahun, sementara saya belum melakukan banyak hal berarti, masih banyak harapan saya yang belum terkabul, dan saya pun masih bergelimang dengan dosa. 

Rupanya hal yang sama sepertinya juga dirasakan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Dalam suatu kesempatan di hari ulang tahunnya, ketika ada orang yang mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya, beliau malah bilang begini : 

"Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun, jadi jangan ada yang mengulangtahuni." 

Karena ulang tahun beliau tidak pernah dirayakan dan beliau sepertinya juga risih jika diberi ucapan selamat ulang tahun, sama seperti saya, maka pada hari ulang tahunnya ke-60 hari ini, saya tidak akan mengucapkan selamat ulang tahun kepada beliau. 

Saya hanya ingin mendoakan beliau agar beliau diberi umur yang panjang dan berkah, senantiasa diberi rahmat dan hidayah oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala serta dapat menyelesaikan masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia dengan selamat dan sukses pada tahun 2024 nanti. Amin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun