Mohon tunggu...
Admisi UNISA Yogya
Admisi UNISA Yogya Mohon Tunggu... Lainnya - Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru UNISA Yogyakarta

Selalu memberikan pelayanan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Public Relations in Pandemic Era", Pelayanan Kehumasan ala Unisa Yogyakarta

16 Maret 2021   17:30 Diperbarui: 16 Maret 2021   18:52 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Admisi UNISA Yogya

Public Relations di masa pandemi memunculkan ide kreatif, salah satunya pelayanan kehumasan berbasis kesehatan ini berhasil diterapkan dan dikembangkan oleh PDAM Kabupaten Sleman dengan konsep komunikasi korporat yang merupakan buah dari program magang Program Studi Komunikasi UNISA Yogyakarta. 

Konsep komunikasi korporat diinisiasi oleh empat mahasiswa, Meylasari Ratna Pradipta, Devi A’zifa An nilah, Edo Wanda Prasetio dan Faiza Adima. 

Pelayanan kehumasan tidak lepas dari konsep komunikasi korporat dalam keilmuan public relations. Pengertian komunikasi korporat adalah perusahaan dapat mengirimkan pesan dan berkomunikasi dengan beragam audiens, baik internal (karyawan, pekerja) atau eksternal (stakeholder, media, swasta). 

Pelayanan kehumasan berbasis kesehatan yang dimaksud menggunakan konsep pengiriman pesan ke pihak internal dan eksternal melalui pendekatan fungsi dari komunikasi korporat yakni, mengatasi krisis, meningkatkan produktivitas, branding dan memperkuat citra perusahaan.

Pengiriman pesan yang dimaksud dengan memanfaatkan media bukan sebagai alat namun sebagai medium dalam bekerja. Analogi ini ditekankan pada memilah media dan memilih sasaran publik PDAM Kabupaten Sleman dalam menaikkan kualitas pelayanan dan kepuasan publik. 

Pelayanan ini difokuskan untuk membiasakan berbagi informasi yang tervalidasi, konsep ini mengakar pada penggunaan kalimat naratif-efektif, memilih media penunjang untuk mengurangi tatap muka dan memberitakan inovasi yang telah dan akan dilakukan. Harapannya dengan pesan yang sehat dan menyehatkan akan tercipta konsep pelayanan yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Harapan dari pengaplikasian pelayanan kehumasan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan individu semata, namun ada proses untuk membentuk etos kerja melalui sikap, kerjasama tim, manajemen waktu, disiplin, dan tertib secara tim untuk perusahaan. 

Direktur utama PDAM Kabupaten Sleman, Dwi Nurwanta SE, M.M. menyambut hangat dengan keberhasilan program magang dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. 

“UNISA dikenal sebagai kampus yang identik dengan kesehatan, ini hasil yang baik, harapannya pelayanan kehumasan ini dapat diterapkan teman-teman dengan tujuan meningkatkan kualitas kami sebagai pelayan publik”.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun