Jakarta, 23 November 2021 – Mahasiswa Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Peduli Negeri dengan mengusung tema “Pengelolaan Konten di Media Sosial untuk UMKM” pada hari Sabtu, 13 November 2021 mulai pukul 10.30 – 12.00 WIB melalui virtual zoom bertempat di Werkspace Soho Capital Jakarta.
Kegiatan KPN ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Universitas Mercu Buana jurusan Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi dengan Ahlam Nuraeni Nihna sebagai Ketua Pelaksana dan beranggotakan Devita Rahma Dilla sebagai MC, Melinda sebagai Operator dan Aji Tri Saputra sebagai pemateri yang memaparkan bagaimana cara pengelolaan konten di media sosial.
Kegiatan KPN ini menargetkan 20 partisipan yang telah mendaftar dari berbagai sektor unit usaha seperti fashion, food & beverage dan retail. Kegiatan ini juga di dukung oleh Werkspace dan CSI Indonesia sebagai partner sponsorship.
Kegiatan KPN ini berlangsung dengan dihadiri 12 partisipan antara lain Overly Sweet Bgr, hijab wear by karaniya, INI MURA, VIR'callico, Frozen Food dan Pakaian Syar'I, warung cak faris, Angkringan BroKam, Meetjelly, Kaina Jahit, Barber Shop 77, Pempek Aip, Bernike shoes dan turut hadir juga Ibu Suryaning Hayati, SE, M.Ikom selaku Ketua Bidang Studi Public Relations Universitas Mercu Buana dengan Ibu Yuliawati S.Sos, M.Ikom selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah Kuliah Peduli Negeri.
“Menjadi mahasiswa tidak sekedar S.Ikom, tapi kontribusi real apa yang bisa kita berikan untuk masyarakat, itu hal penting, jadi kalau belum bisa memberikan manfaat belum sah S.Ikom nya. Sesuai Tri Dharma bahwa mahasiswa melakukan Penelitian dan Pengabdian, mahasiswa penelitan melalui skripsi dan pengabdian dilakukan melalui mata kuliah peduli negeri “ ujar Ibu Suryaning Hayati dalam sambutannya.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang dikenal sebagai UMKM adalah sektor yang paling berpengaruh saat ini untuk perekonomian di Indonesia. Selain itu UMKM kini diharapkan untuk mampu bersaing di era digitalisasi dan yang paling sering digunakan adalah platform media sosial.
Namun pengetahuan yang minim membuat pelaku UMKM mengurungkan niatnya untuk merambah dunia digitalisasi dalam melakukan promosi,pemasaran dan lain sebagainya.
Sehingga kegiatan ini diambil sebagai bentuk dari kepedulian mahasiswa atas masih kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan konten oleh sejumlah pelaku UMKM dengan harapan pelaku UMKM dapat memiliki motivasi dan kreatifitas dalam pengelolaan konten di media sosial.
Contact Information