Wordwall game sebagai alat evaluasi yang menyenangkan dan efektif untuk materi pembiasan cahaya.
Pembelajaran sains di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) semakin dipermudah dengan adopsi teknologi terbaru. Salah satu inovasi terkini yang telah diterapkan adalah penggunaanWordwall game adalah platform yang memungkinkan untuk membuat berbagai jenis aktivitas interaktif, seperti teka-teki kata, permainan pencocokan, dan kuis pilihan ganda. Melalui antarmuka yang intuitif, guru dapat dengan mudah menyesuaikan konten evaluasi yang sesuai dan tidak membosankan.
Mengapa Wordwall Cocok untuk Evaluasi Pembelajaran Sains di SMP?
Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Dengan memanfaatkan mode permainan, Wordwall mampu menarik minat siswa dalam memahami konsep-konsep fisika, seperti pembiasan cahaya. Aktivitas yang interaktif dan menantang membuat pembelajaran tidak hanya efektif tetapi juga menyenangkan.
Beragam Format Evaluasi: Materi pembiasan cahaya memerlukan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip fisika yang kompleks. Wordwall menyediakan format soal seperti kuis untuk mengukur pemahaman siswa secara menyeluruh.
Umpan Balik Instan: Setelah menyelesaikan aktivitas, siswa dapat langsung melihat hasilnya dan mendapatkan umpan balik tentang evaluasi mereka untuk memantau kemajuan siswa serta memberikan bimbingan tambahan jika diperlukan.
Studi Kasus di SMPN 8 Surabaya
Dalam implementasinya di SMPN 8 Surabaya, salah satu mahasiswa unesa bernama Adlina Nafis Nurina telah berhasil memanfaatkan Wordwall game sebagai evaluasi pembelajaran pada materi pembiasan cahaya. Melalui permainan kuis, siswa secara aktif mengidentifikasi dan mengaitkan konsep pembiasan cahaya dengan contoh-contoh praktis. Hal ini tidak hanya memperdalam pemahaman mereka, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi ujian. Siswa juga merasa lebih terlibat dalam pembelajaran karena aktivitas yang ditawarkan oleh Wordwall lebih menarik dan interaktif dibandingkan dengan metode evaluasi tradisional seperti ujian tertulis.
"Saya sangat senang melihat bagaimana siswa-siswa merespons penggunaan Wordwall dengan antusias. Mereka lebih terlibat dalam pembelajaran dan lebih aktif dalam berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas yang saya buat. Mereka menikmati tantangan dari permainan-permainan tersebut dan umpan balik instan yang mereka terima setelah menyelesaikan aktivitas memberikan mereka motivasi tambahan untuk terus belajar" kata salah satu guru IPA di SMPN 8 Surabaya
Penggunaan Wordwall Game sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran sains, khususnya pada materi pembiasan cahaya di SMP, menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa. Dengan demikian, Wordwall tidak hanya memberikan manfaat dalam hal evaluasi akademis, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.
dosen pembimbing: Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd.