Mohon tunggu...
Aditya Permana
Aditya Permana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Segera Gunakan ''New Media"!

10 Mei 2017   08:34 Diperbarui: 10 Mei 2017   09:26 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Selamat membaca

Pembahasan kali ini saya akan mengulas mengenai strategic media planning, yang merupakan salah satu mata kuliah yang sedang saya pelajari.Pengertian strategic branding adalah membuat strategi untuk meningkatkan value dari sebuah brand di mata masyarakat .Di mata kuliah tersebut saya dibimbing oleh dosen bernama ibu Ira Latief,beliau merupakan penulis dan praktisi di bidang media yang sudah memilki banyak pengalaman.

Sampai pertengahan semester ini, beliau mengajarkan kami mengenai “NEW MEDIA” .New media adalah media yang mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi pada era ke-20.Tekhnologi digital yang memiliki bentuk interaktif yang dapat menggapai semua kawasan.

New media yang digunakan saat ini bisa di akses dengan mudah melalui gadget seperti handphone,tablet dan pc.Benuk new media di masa sekarang bisa kita rasakan di media social contohnya Instagram,twitter,facebook dll.Dengan kemudahan tersebut banyak masyrakat menggunakan media untuk menjadi media strategi mereka yang bertujuan mempromosikan produk mereka.

Beberapa hal yang saya dapat dari penjelasan ibu Ira yaitu bagaimana new media bisa membantu sebuah brand agar mendapatkan interest dari market nya.Sebuah brand yang dapat membuat strategi promosi dengan menggunakan new media bisa mendapatkan beberapa hal manfaatnya.Pertama efidien karena tidak membutuhkan biaya mahal untuk berpromosi di media sosial.Kedua efektif karena social media bisa diakses dimanapun dan kapanpun,dengan begitu memudahkan costumer untuk mengaskesnya dan dapat melihat iklan dari brand apapun.Ketiga jangkauan luas maka dengan begitu bisa mencapai target market tanpa di pengaruhi jarak.

Promosi yang saat ini sering digunakan yaitu endorsement di media social contohnya instagram.Endorsement yang sedang marak di jejaring sosial merupakan bentuk kerja sama antar kedua belah pihak yang saling menguntungkan.Banyak brand yang menggunakan instagram sebagai media beriklan mereka.Cara endorsement dapat dilakukan sebuah brand membuat kontrak dengan seseorang yang memiliki follower yang bisa dikatakan banyak.Semakin tinggi followers yang dimiliki maka biaya endorsement juga semakin tinggi.

Saya sekelas diberikan tugas secara berkelompok untuk memilih sebuah produk dari brand yang salah satu anggota kelompok miliki untuk dipromosikan di media social .Cara promosinya dengan menggunakan endorsement dengan beberapa kriteria bahwa akun endorser harus diatas 5000 follower dan minimal mempromosi di dua media sosial berbeda.Saat itu kelompok kami memilih sebuah produk tas lokal yang memiliki kualitas yang bagus yang akan dipromosikan di instagram dan facebook.Dengan kriteria yang ibu Ira berikan maka kami berhasil mendapatkan endorser instagram dan facebook.Setelah orang tersebut memposting foto produknya dengan kalimat-kalimat dukungan si artis,maka followersnya bisa melihat produk tas tersebut.Lalu kami ditugaskan untuk memberikan data apakah ada efek peningkatan permintaan produk kelompok kami.Nyata nya dengan cara endorsement dapat meningkatkan awarness orang mengenai produk kita dan beberapa yang akhirnya melalukan pembelian tas tersebut.

Tugas nya sebelumnya kelompok saya juga diberikan tugas untuk mereview sebuah brand yang beriklan melalui film.Kelompok saya ditugaskan untuk menonton film yang berjudul Trinity,The Nekad Traveler.Dalam film tersebut banyak brand terkenal seperti gery chocolatos,nu oceana,tiket.com dll yang memiliki penempatan yang pas di setiap scene nya.Cara ini dinilai efektif karena bisa mencapai target market yang luas.

Bu Ira juga menghadirkan pembicara yang merupakan teman dekat bu Ira dan mereka juga praktisi media.Pembicara tersebut memiliki materi yang menarik salah satu nya pengaruh influencer di new media yang berpengaruh besar dalam mempromosi produk.Semakin meningkat kredibilitas si influncer maka akan semakin kuat feedback yang diberikandari followersnya.Sekarang ini banyak orang-orang bahkan sebuah organisasi yang menaungi orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi sebagai influence.Banyak perusahaan besar yang tertarik menggunakan metode tersebut untuk promosi mereka karena dinilai cepat dan efektif.

Sekian tulisan saya kali ini.Tulisan ini merupakan opini dan kesimpulan yang saya dapat selama setengah semester di mata kuliah media strategic planning dengan bu Ira Latief dan merupakan tugas untuk nilai uts.

Mohon maaf jika atas kesalahan penulisan kata dan bahasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun