Mohon tunggu...
Luna04
Luna04 Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Rail Clinic, Bentuk Kepedulian PT. KAI terhadap Masyarakat

10 Juli 2018   10:30 Diperbarui: 10 Juli 2018   10:32 647
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PT. KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta kembali menyelenggarakan pelayanan kesehatan bakti sosial dengan Rail Clinic pada Selasa, 10 Juli 2018. Kegiatan kali ini berlokasi di Stasiun Jenar serta bekerja sama dengan Kelurahan Bragolan dan Jenar Wetan untuk mengundang 300 warga sekitar untuk melakukan cek kesehatan gratis.

Bakti sosial berupa pelayanan kesehatan dengan Rail Clinic kali ini menggunakan Rail Clinic generasi ke empat dimana selain kereta kesehatan juga terdapat Rail Library untuk edukasi bagi masyarakat. Tahun lalu, bakti sosial ini juga diselenggarakan di beberapa stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta, salah satunya Stasiun Rewulu.

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi
Eko Purwanto selaku Executive Vice President PT. KAI Daop 6 Yogyakarta mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan dari PT. KAI terhadap program pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan. Ia juga menghimbau masyarakat sekitar untuk ikut menjaga kelancaran operasional dan perjalanan kereta api, baik dari sisi keamanan maupun aspek lainnya.

Tidak hanya memberikan pelayan kesehatan gratis, dalam bakti sosial ini PT. KAI (Persero) juga memberikan bantuan berupa kacamata kepada para siswa SDN Bragolan dan Jenar Wetan yang membutuhkan. Pelayanan kesehatan yang diberikan kali ini meliputi poli umum, poli gigi, poli mata serta pemeriksaan bagi ibu hamil. Tidak hanya itu, Rail Clinic juga dilengkapi dengan Laboratorium dan Farmasi.

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi
Wellyansyah selaku Manager Kesehatan PT. KAI Daop 6 Yogyakarta sekaligus ketua panitia dalam kegiatan ini berharap bantuan berupa kacamata gratis bagi siswa yang membutuhkan dapat membantu proses belajar dan meningkatkan prestasi para siswa. "Rail Clinic ini merupakan salah satu bentuk program Corporate Social Responsibilty PT. KAI (Persero) di bidang kesehatan serta wujud kepedulian PT. KAI (Persero) terhadap masyarakat," tuturnya.

Drs. Heri Rahardjo, M.Si. selaku Camat Purwodadi mengucapkan terima kasih kepada PT. KAI (Persero) telah mengalokasikan pendapatan perusahaan tersebut untuk kesehatan masyarakat. Ia juga meminta warga untuk mendukung PT KAI untuk turut menjaga keamanan perjalanan kereta api serta tidak melempar batu ke arah kereta api atau bermain di sekitar rel kereta api.  

Senada dengan Camat Purwodadi, Dr. Hanuke yang merupakan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo juga mengapresiasi PT. KAI (Persero) khususnya unit kesehatan karena telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kedepannya, ia berharap supaya kegiatan seperti ini dilakukan secara Kontinyu karena masyarakat sangat terbantu atas program ini.

Tidak hanya di Stasiun Jenar, kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan dengan Rail Clinic ini akan diselenggarakan juga di Stasiun Patukan pada Kamis tanggal 12 Juli 2018 esok.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun