Mohon tunggu...
Aditya Ervanda
Aditya Ervanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi

Mahasiswa Semester Akhir Yang Semoga Cumlaude

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi Beri Penyuluhan Pemasaran Online Melalui Media Sosial kepada Pelaku UMKM

24 Agustus 2021   23:00 Diperbarui: 24 Agustus 2021   23:05 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sabtu, 21 Agustus 2021/Dokumentasi Pribadi

Karanganyar -- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun sejak pandemi covid-19 melanda banyak UMKM yang penjualannya turun derastis dan memaksa pelaku UMKM untuk berpikir ekstra dalam memasarkan produknya. Pemasaran yang cocok digunakan pada saat pandemi seperti ini adalah pemasaran online atau digital marketing. Pemasaran online dapat memperluas jangkauan konsumen dan memberikan peluang produk akan terjual sehingga pendapatan UMKM meningkat.

Dusun Sumberbulu, Desa Pendem, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar adalah salah satu wilayah yang memiliki berbagai macam UMKM, mulai dari produksi jamu, kripik pisang, kripik pare, dan lain sebagainya. Secara langsung maupun tidak langsung, mereka juga terdampak dengan adanya pandemi covid-19 ini. Oleh sebab itu perlu adanya strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada masa pandemi covid-19.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi kini kita dapat memasarkan produk/jasa secara online. Maka dari itu, mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi berinisiatif untuk memberikan penyuluhan dan pendampingan pemasaran online melalui sosial kepada pelaku UMKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, Aditya Ervanda, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Lamidi, SE, M.Si. di Dusun Sumberbulu, Desa Pendem, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar.

Penyuluhan Pemasaran Online/Dokumentasi Pribadi
Penyuluhan Pemasaran Online/Dokumentasi Pribadi

Sebelum acara penyuluhan dilaksanakan tim KKN-T Universitas Slamet Riyadi melakukan observasi ke UMKM di Dusun Sumberbulu. Salah satu pelaku UMKM, Ibu Sutarti, mengatakan bahwa selama ini UMKM di Sumberbulu hanya menggunakan pemasaran online via Whatsapp saja, dan hanya produksi jamu saja yang sudah mulai memasarkan produk via Instagram tetapi belum maksimal.

Pelaksanaan penyuluhan pemasaran online dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 di salah satu rumah warga Dusun Sumberbulu dan berjalan dengan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelaksanaan penyuluhan ini dihadiri oleh berbagai pelaku UMKM Dusun Sumberbulu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun