1. Apa sih definisi konsep dasar komunikasi digital
Konsep Komunikasi Digital adalah konsep-konsep penting dalam komunikasi digital termasuk internet dan juga mencakup elemen-elemen yang tidak ada pada internet, seperti CD-ROM, multimedia, atau perangkat lunak komputer virtual reality.
2. Sejarah dan perkembangan media digital
Meskipun teknologi komputer telah ada selama beberapa dekade, konsep transformasi digital tergolong baru. Konsep ini muncul pada tahun 1990-an seiring dengan diperkenalkannya internet arus utama. Sejak saat itu, kemampuan untuk mengubah bentuk media tradisional (seperti dokumen dan foto) menjadi angka satu dan nol tidak lagi penting dibandingkan dengan apa yang telah dihadirkan oleh teknologi digital bagi masyarakat. Saat ini, digitalisasi menyentuh setiap bagian kehidupan kita, memengaruhi cara kita bekerja, berbelanja, bepergian, mendidik, memerintah, dan hidup.
Praktik transformasi digital umumnya digunakan dalam konteks bisnis. Pengenalan teknologi digital telah memicu terciptanya model bisnis dan aliran pendapatan baru. Teknologi yang muncul seperti kecerdasan buatan (AI), komputasi awan , dan Internet of Things (IoT) mempercepat transformasi, sementara teknologi dasar seperti manajemen dan analitik data diperlukan untuk menganalisis sejumlah besar data yang dihasilkan dari transformasi digital.
3. Teori-teori komunikasi yang relevan dengan teknologi
Tulisan ini dimaksud untuk mendeskripsikan media baru, Ujian
Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sebagai wahana evaluasi
pembelajaran yang bertujuan untuk melihat sejauh mana teknologi
informasi dan komunikasi merambah kedunia pendidikan.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada
pihak terkait, observasi dan juga dokumentasi. Hasil-hasil temuan
saintifik yang diperoleh adalah bahwa Media Baru secara kualitas
memberikan evaluasi yang unggul dengan menampilkan sifatnya yang
memberikan efisiensi biaya, bahan, dan waktu penyelenggaranan ujian.
Dengan media baru jangkauan wilayah yang luas dapat dicapai. Selain
itu, sifat transparansinya dalam mekanisme penyajian soal dan juga
dalam keamanan naskah menjadi akibat hadirnya new media di ranah
pendidikan. Tulisan ini dikaji dengan pendekatan teori New Media yang
merefleksikan media evaluasi belajar siswa yang ditandai dengan
penggunaan jaringan internet, Teori Determinisme Teknologi yang
mengimplikaskan penggunaan teknologi sebagai faktor dominan yang
berpengaruh dalam media evaluasi belajar, Teori Konstruktivisme
pendidikan yang megindikasikan siswa belajar aktif dengan kehadiran
new media dalam evaluasi belajar dan juga Teori Difusi Inovasi yang
merepresentasikan inovasi kebijakan pemerintah yang didiseminasikan
kepada sekolah-sekolah penyelenggara ujian berbasis komputer.
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa presensi new media mengubah
perubahan perilaku dari satu sisi evaluasi pembelajaran.
4. Jenis-jenis komunikasi digital dan peranannya
Secara sederhana, daring dapat dikatakan sebagai padanan dari kata online. Â Kegiatan yang dilakukan secara daring sudah pasti membutuhkan jaringan internet dan alat-alat yang mendukung, seperti ponsel, komputer, laptop, dan sebagainya.
Jenis komunikasi jaringan daring berdasarkan medianya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya
1. Komunikasi Sinkron Chat
Bagi pengguna yang menggunakan aplikasi semacam WhatsApp, Line, Telegram, dan semacamnya. Itu artinya para pengguna sudah melakukan komunikasi sinkron chat.
Komunikasi sinkron chat merupakan komunikasi yang dilakukan melalui internet. Namun, hanya berupa pesan teks atau obrolan lain yang hanya berupa pesan teks saja.
2. Komunikasi Asinkron Chat
Komunikasi asinkron chat dengan komunikasi sinkron chat memiliki fungsi yang sama. Fungsinya adalah untuk mengirimkan pesan teks kepada seseorang yang ingin diajak komunikasi.
Akan tetapi, perbedaan dari keduanya adalah, komunikasi asinkron chat adalah komunikasi daring yang tertunda. Chat atau teks pesan yang dikirim tidak langsung dibalas orang sang penerima.
Contoh komunikasi asinkron chat adalah seperti sesi bertanya ketika sedang dilakukan webinar atau diskusi. Pertanyaan akan ditampung dan dijawab pada sesi atau waktu yang seharusnya.
Informasi penting disajikan secara kronologis
3. Komunikasi Sinkron Call
Jenis komunikasi daring ini adalah komunikasi dimana seseorang bisa berkomunikasi melalui sambungan telepon yang harus menggunakan internet. Komunikasi ini tidak terbatas waktu dan jarak. Aplikasi yang digunakan beragam, tentu harus ada fitur telepon.
4. Komunikasi Sinkron Video Call
Komunikasi daring jenis ini tidak jauh berbeda dari komunikasi sinkron call, karena dapat berkomunikasi dengan seseorang melalui suara.
Namun, yang membedakan dari komunikasi sinkron video call ini adalah terdapat fitur video yang bisa memperlihatkan wajah orang yang sedang berkomunikasi dengan pengguna. Aplikasi penunjang untuk komunikasi sinkron video ini pun sudah beragam.
5. Komunikasi Asinkron Video
Komunikasi asinkron video adalah komunikasi daring yang sama dengan komunikasi sinkron video. Namun, perbedaan dari komunikasi asinkron video adalah, seseorang hanya mengirimkan bentuk komunikasi berupa video.
Tidak terjadi komunikasi dua arah di dalam komunikasi asinkron video. Sehingga orang yang mengirimkan videonya tidak dapat mengetahui bagaimana respon dari penerima video tersebut.
Komunikasi asinkron video ini biasanya digunakan untuk guru-guru yang membuat materi pembelajaran dalam bentuk video. Guru tersebut akan mengirimkan video tersebut kepada murid-muridnya.
6. Komunikasi Daring Formal