Mohon tunggu...
Aditya pratama
Aditya pratama Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa universitas djuanda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bantu Perluas Pasar Penjualan, Mahasiswa KKN Kelompok 15 Faperta Membantu Membuatkan Logo dan Akun Media Sosial di Salah Satu UMKM Desa Leuwimalang

13 Oktober 2023   14:35 Diperbarui: 13 Oktober 2023   14:43 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Djuanda, Fakultas Pertanian, kelompok 15 Leuwimalang. Mengambil inisiatif kreatif dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Leuwimalang. Dalam upaya untuk meningkatkan keberhasilan UMKM lokal,membantu menciptakan identitas digital dengan pembuatan logo dan akun media sosial.

Dalam era digital yang semakin berkembang, kemampuan UMKM untuk bersaing di pasar yang luas tidak hanya bergantung pada produk atau layanan yang mereka tawarkan, tetapi juga pada kemampuan mereka untuk membangun kehadiran online yang kuat. Salah satu langkah awal adalah pembuatan logo yang mencerminkan karakter dan nilai unik dari masing-masing UMKM. Logo adalah elemen identitas visual yang memainkan peran penting dalam membedakan merek dan menarik perhatian konsumen. Mahasiswa KKN Faperta kelompok 15 bekerja sama dengan pemilik UMKM dari komintas Stigma yang bergerak dalam bidang kerajinan dari barang bekas atau barang yang berasal dari alam sekitar.

Selain pembuatan logo, mahasiswa KKN 15 Faperta juga membuatkan akun media sosial untuk UMKM. Dalam dunia yang semakin terhubung melalui platform seperti Instagram, kehadiran di media sosial adalah hal yang sangat penting. Akun-akun media sosial ini membantu UMKM untuk mempromosikan produk dan layanan mereka kepada audiens yang lebih luas, berinteraksi dengan pelanggan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan komunitas online. 

Bapak Asep Mulyana, pemilik UMKM dari komunitas Stigma mengapresiasi kegiatan pembuatan logo dan akun media sosial ini. kami harapkan nantinya akun media sosial yang telah dibuatkan bisa menjadi sarana untuk memperluas pasar produk sehingga bisa meningkatkan pendapatan dari penjualan kerajinan tangan ini.

Kegiatan adalah contoh nyata bagaimana mahasiswa KKN dapat memberikan dampak positif di komunitas lokal. Melalui upaya dalam menciptakan identitas digital untuk UMKM, para mahsiswa telah membantu memperkuat dan memajukan bisnis-bisnis lokal, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di Desa Leuwimalang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun