Bogor merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata  untuk dikunjungi wisatawan. Sebanyak 10,6 juta wisatawan berkunjung ke Kabupaten Bogor sepanjang tahun 2023. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya di 2022 yakni sekitar 8 juta atau meningkat sebesar 25 persen. Desa wisata saat ini menjadi trend alternatif wisata dengan mengusung konsep interaksi antara alam, budaya, dan masyarakat lokal. Menurut informasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, saat ini terdapat potensi 70 desa wisata di wilayah Kabupaten Bogor yang dikembangkan dan tersebar di 40 Kecamatan. Desa wisata adalah kawasan pedesaan yang menawarkan suasana asli desa, baik segi ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian, hingga arsitektur bangunan. Sama seperti tempat wisata lainnya, desa wisata punya potensi untuk dikembangkan, baik dari segi atraksi, akomodasi, makanan dan minuman, kondisi alam dan potensi wisata lainnya.
Salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Bogor adalah desa wisata Purwabakti di kecamatan Pamijahan, Bogor Barat. Desa wisata Purwabakti menawarkan keindahan terasering persawahan, perbukitan, sungai dan kearifan lokal pengolahan gula aren dan anyaman bambu. Keindahan potensi alam yang ada di desa wisata Purwabakti membuatnya masuk ke dalam75 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) pada tahun 2023. Potensi wisata yang ada di desa Purwabakti tidak diikuti dengan perkembangan wisatawan yang datang. Jumlah wisatawan yang datang relatif masih sedikit dengan jumlah kunjungan kurang dari 100 orang per bulan. Pemasaran yang dilakukan belum memanfaatkan secara optimal media digital yang ada. Untuk menjangkau konsumen yang luas, perlu dilakukan pemasaran digital secara berkelanjutan.
Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pakuan (Unpak) yang beranggotakan : Aditya Prima Yudha, S.Pi., MM., Dr. Abel Ghandhy, S.Pi., MM., Dr. Nizam Mohammad Andrianto, SP., MM., Dr. Doni Wihartika, S.Pi., MM., Zomrotul Mariam Luluatin, Najwa Xavieranisa, dan Indah Purnama melakukan pelatihan dan pendampingan terkait pemasaran digital di Desa Wisata Purwabakti. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Purwabakti, Muhamad Rozah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dari bulan Maret hingga Oktober 2024. Bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain : survey potensi wisata, perumusan paket wisata unggulan, pembuatan content promosi, pembuatan website dan flyer promosi digital, dan video desa wisata Purwabakti.Â
Survey awal tim pengabdian FEB Unpak untuk desa wisata Purwabakti dilakukan pada 11 Maret 2024. Potensi wisata yang dikunjungi adalah terasering persawahan Cisalada, Saung Ngopepang (UMKM pengrajin anyaman bambu), sungai dan area camping Riung Kawung. Berdasarkan hasil survey dirumuskan paket wisata unggulan yang akan dipromosikan di desa wisata Purwabakti adalah area camping di bawah pepohonan Kawung (pohon aren) yang berada di tepi sungai. Area camping Riung Kawung menawarkan suasana yang sejuk dan asri karena berada di tepi hutan, dan ketenangan mendengarkan suara aliran air sungai yang jernih. Paket wisata unggulan ini diberi nama "Riung Kawung Riverside Camp".Â
Selanjutnya tim pengabdian masyarakat FEB Unpak melakukan pengambilan dokumentasi untuk kebutuhan content marketing. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 Mei 2024. Proses pengambilan dokumentasi melibatkan tim mahasiswa anggota pengabdian, tim Humas Unpak, dan talent mahasiswa/i Unpak.
Kegiatan alur wisata yang didokumentasikan meliputi :
- Pengunjung tiba di area parkir Desa Purwabakti
- Penjemputan pengunjung oleh tim pengelola
- Perjalanan menuju destinasi wisata
- Coffee break di saung Ngopepang (tempat pengrajin anyaman bambu)
- Perjalanan trekking melalui area persawahan dan hutan
- Bermain air dan camping di area Riung Kawung
- Menikmati area persawahan terasering Cisalada
Berikut adalah dokumentasi kegiatan pengambilan content :Â