Â
                                               Â
Perkembangan komunikasi massa di Era Digital
Perkembangan komunikasi massa di era digital saat ini semakin maju dan melesat. Media massa saat ini menjadi sebuah arus yang sangat penting dan signifikan dalam proses komunikasi dan memperoleh informasi, media massa juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam bermasyarakat dan menjadi peran yang sangat penting dalam masyarakat untuk berkomunikasi dan informasi.
Saat ini, era digital menyediakan banyak fitur media online yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dan dapat mempermudah komunikasi  secara tidak langsung. Berikut adalah poin penting dalam perkembangan era digital :
1. Hadir nya media sosial.
Muncul atau hadirnya platform media sosial seperti instagram, facebook, Twitter, dan tiktok, dengan muncul nya media online tersebut masyarakat dapat berkomunikasi secara online tanpa bertemu langsung dan tanpa memikirkan jarak dengan ada nya media sosial masyarakat juga mendapatkan informasi secara cepat dan mudah. Dengan ada nya media sosial kita juga dapat membagi cerita keseruan kita ke khalayak atau konten di media sosial secara mudah dan simple.
2. Mengenai media tradisional
Media tradisional adalah sebuah media cetak seperti majalah, surat kabar atau koran. Dengan ada nya media digital ini banyak sekali media cetak yang beralih ke versi media digital atau online supaya dapat di akses secara cepat oleh khalayak tanpa harus mencetak nya dan menjual nya.
3. Adanya transaksional melalui media online
Saat ini, beberapa fitur media digital juga turut menghadirkan platform transaksional, baik itu dalam bentuk jual beli maupun proses pengiriman sejumlah dana atau barang kepada seseorang, baik secara personal maupun interpersonal.
4. Peran penting jurnalis di era digital
Semakin banyak pembaharuan teknologi, maka semakin besar juga tantangan yang dihadapi oleh para jurnalis, di mana jurnalis dituntut harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada khalayak ramai.
5. Perpindahan konsumsi media kepada khalayak ramai dalam mengakses informasi
Khalayak ramai memiliki banyak pilihan dalam mengakses sebuah informasi tanpa memikirkan waktu dan tempat untuk melihat sebuah informasi di era digital saat ini
Tantangan komunikasi massa di era digital
Di era digital ini banyak sekali perubahan dalam aspek kehidupan, juga termasuk dalam berkomunikasi, di era digital juga membuka peluang baru dalam meningkatkan kualitas kepada jurnalisme, untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam komunikasi dan informasi. Selain itu, di era digital saat ini juga menghadirkan tantangan bagi komunikasi massa, antara lain :
1. Memberikan informasi dan memberikan berita hoaks
Akses informasi di era digital ini juga membuka celah bagi khalayak untuk menyebarkan sebuah informasi dan berita yang tidak pasti kebenarannya.
Hal ini dapat menimbulkan dampak yang negatif seperti, masalah keresahan sosial, isu politik, dan juga menimbulkan  kekerasan.
Media masa juga harus meningkatkan dan memverifikasi sebuah informasi dan edukasi kepada publik untuk membantah informasi / berita yang tidak benar ( hoaks).
2. Penurunan sebuah pendapatan
Media massa tradisional mengalami sebuah penurunan pendapatan di era digital saat ini karena iklan cetak semakin tertinggal jauh dan berkurangnya jumlah peminat atau pelanggan.
3. Privasi dan keamanan data
Pengumpulan dan penggunaan data dalam pribadi oleh media massa atau platform online bisa menimbulkan kekhawatiran terhadap keamanan data dan privasi.
Kebocoran dalam data dan penyalahgunaan sebuah data pribadi yang dapat mengakibatkan dampak yang fatal bagi diri sendiri maupun khalayak.
Media massa harus menerapkan praktik yang terbaik dalam pengelolaan sebuah data pribadi dan harus memastikan penjelasan kepada khalayak.
4. Persaingan media massa lain dengan influencer.
Di era digital membawa perubahan yang sangat besar bagi media massa dengan adanya platform online dan media sosial dapat menimbulkan persaingan dengan media massa lainnya. Dan influencer juga bersaing dengan media massa tradisional, berikut poin penting mengenai persaingan :
persaingan untuk mendapatkan pengakuan oleh khalaya: media masa saling bersaing untuk mendapatkan perhatian dan pengakuan oleh khalayak  dengan membuat suatu konten yang kreatif sehingga khalayak tertarik dan suka terhadap  konten nya dan dapat  menimbulkan peminat atau  memiliki pelanggan  dan meningkatkan rating
persaingan untuk menarik sumber daya pemasukan pendapatan: media massa berlomba lomba dalam sumber daya pemasukan seperti sponsor, iklan, dan jurnalis yang terbaik.
Kesimpulan:
 Perkembangan komunikasi massa di era digital sangat membawa perubahan yang sangat besar dalam berkomunikasi dan juga mengakses sebuah informasi. Media massa sangat perlu dalam beradaptasi dengan perkembangan perubahan pada era digital agar tetap relevan dan berkelanjutan. Di era digital, komunikasi massa  sanggat penting dalam informasi yang akurat dan jelas dan juga harus memiliki rasa tanggung jawab kepada khalayak
Referensi
https://www.kompasiana.com/trinitazahra6952/649ee8404addee15c95f9933/perkembangan-komunikasi-massa-di-era-digital-dan-tantangannya
https://repository.bsi.ac.id/repo/42137/Eksistensi-Media-Cetak-Kompas-di-Tengah-Era-Digital-Media
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/muqoddimah/article/view/1651
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H