Pengabdian merupakan upaya manusia untuk memberikan sumbangsi kepada masyarakat. Pengabdian ini akan bermanfaat bila dilakukan kepada yang membutuhkan. Namun kebanyakan dari sekarang manusia melakukan pengabdian karena ini menggugurkan kewajibannya sampai lupa dengan tujuan yang sebenarnya. Seharusnya kegiatan ini berlandaskan kepada kemanusiaan dengan hati yang iklas sehingga mendapatkan keberkahan.
UPI melaksanakan KKN Tematik secara daring dalam upaya pengembangan kualitas yang berada didaerahnnya masing -- masing. Bentuk kegiatan yang diberikan di sasarkan ke siswa sekolah dasar, guru dan masyarakat sehingga nantinya sumber daya manusia lebih berkualitas dan mampu meningkatkan kehidupan masing -- masing. Dengan adanya KKN secara daring bentuk upaya mengurangi penyebaran dari COVID -- 19 yang sudah banyak memakan korban jiwa.
Pembagian tugas berdasarkan pengisian yang dilakukan oleh mahasiswa sehingga mereka bisa memilih tempat untuk melaksanakan KKN. Namun tempat kediaman mahasiswa masih ada yang berada di 3T saya sendiri contohnya. Tempat kegiatan ini merupakan tantangan saya karena beberapa sasaran yang diberikan lumayan sulit karena kualitas dari sumber daya manusia sangat kurang bisa dilihat dari motivasi belajar yang kurang untuk belajar di sekolah dan melanjutkan ke tinggkat yang lebih tinggi lagi. Bukan hanya itu bentuk kesadaran orang tua akan pendidikan sangat kurang sehingga memberikan dampak kepada anaknya. Hal ini merupakan tantangan yang cukup besar dalam meningkatkan kualitas belajar serta meingkatkan motivasi belajar mereka.
Pertama kali saya mengobseravisi ke sekolah dan lingkungannya saya bisa memberikan pandangan bahwa tingkat minat belajar sangat kurang dilihat dari masih ada beberapa siswa yang buta huruf serta masih ada beberapa siswa yang sulit untuk sekolah karena jarak dari rumah ke sekolah sangat jauh. Sekolah ini Bernama SD Negeri Bukanagara II terletak di tengah tengan desa Cupunagara dekat dengan kantor desa. Desa Cupunagara ini terletak di kecamatan Cisalak Kabupaten Subang namun des aini masuk ke Kawasan 3T karena berada di tengah -- tengah pegunungan dan setiap pemukiman dari pemukiman sangat jauh. Oleh karenanya pergerakan dari masyarakat disana terganggu oleh jarak yang sangat jauh. Serta kebanyakan warga disana berkerja berkebun. Dari observasi tersebut penulis melakukan bentuk susunan prioritas serta bentuk kegiatan KKN yang akan dilakukan untuk mempermudah dalam berkegiatan.
Priotias dari penulis adalah kepada siswa, orang tua dan guru. Siswa sendiri adalah peningkatan literasi, numerasi dan adapatasi teknologi, untuk guru peningkatan kualitas pendidikan dengan cara memberikan pelatihan strategi pembelajaran lebih ke arah teknologi. Orang tua siswa adalah memberikan pemahaman dengan akan pentingnya pendidikan untuk anaknya.
Dari siswa penulis melakukan kegiatan membaca 10 menit setiap kali kegiatan untuk memberikan kemampuan membaca yang baik namun untuk yang masih buta huruf penulis bekerja sama dengan guru -- guru untuk meningkatkan secara khusus agar bisa mengejar ketertinggalannya. Pemberian pembelajaran numerasi dengan cara peningkatan pemahaman hitunga hitungan dengan memberikan soal cerita agar bisa sekaligus memberikan peningkatan kepada literasi juga. Agar pembelajaran tidak jenuh penulis melakukan pembelajaran menggunakan teknologi dan aplikasi pembelajaran untuk meningkatakan adaptasi teknologi siswa.
Pemberian pelatihan kepada guru untuk meingkatkan kualitas pendidik dalam bidang teknologi seperti pemberian pelatihan teknologi pembelajaran menggunakan aplikasi belajar seperti Google Classroom, kahoot, google meet, dan beberpa aplikasi administrasi seperi Ms. Word, Power Point dan Ms. Exelt. Pemberian pembelajaran menggunakan teknologi agar nantinya guru bisa melakukan variasi dalam belajar dan pemberan aplikasi agar administras bisa dimudahkan dan tersusun dengan baik dan data bisa tersimpan dengan aman.
Penulis pun dibantu oleh guru -- guru untuk memberikan pemahaman kepada orang tua agar lebih peka lagi dalam pendidikan khususnya kepada anaknya. Namun karena terkendala ekonomi beberpa orang tua terpaksa mengajak anaknya untuk membantu bekerja sehingga penghasilan mereka bisa bertambah. Ini juga merupakan tantangan bagi guru -- guru agar bisa memberikan pemahaman kepada orang tua akan pentingnya pendidikan.
Berlandaskan dari kemanusiaan serta terdapat tugas dari kampus penulis bersemangat untuk melaksanakan KKN Tematik 2021 agar bisa meningkatkan kualitas pendidikan di daerah 3T. kegiatan ini juga memberikan semangat baru dari guru -- guru karena masih ada mahasiswa yang mau mengabdi disekolahnya serta mereka membantu dalam proses kegiatan ini. Dari hasil KKN tematik ini penulis mendapatkan luaran seperti Jurnal yang sudah di publis di IJOMR dan Video hasil kegiatan KKN Tematik.
Semoga dari adanya kegiatan KKN Tematik 2021 ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang berada disana serta bisa meningkatkan motivasi belajar para siswa sehingga tingkat melanjutkan sekolah lebih tinggi lagi dan guru -- guru bisa memberikan variasi dalam memberikan pembelajaran serta pengadministrasian bisa lebih mudah dan aman untuk kedepannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H