Mohon tunggu...
Adis Setiawan
Adis Setiawan Mohon Tunggu... Buruh - Mahasiswa | Penulis Lepas

Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Apakah Harga Padi Sudah Mahal?

4 April 2019   11:33 Diperbarui: 20 April 2019   14:54 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belum lama saya melihat Talk Show acara di salah satu televisi swasta tentang pertumbuhan ekonomi nasional,  Salah satu narasumber mengatakan bahwa harga padi Rp 4.500/Kg menurutnya adalah sudah termasuk harga jual yang mahal dan sudah menguntungkan bagi Petani padi

Begini memang harga itu setahu saya sudah berjalan lama di kalangan petani jual beli padi dari petani oleh tengkulak, Saya adalah menantunya seorang petani jadi tahu berapa biaya menanam padi biaya proses menanam dan perawatan pertumbuhan padi dan proses penjualan padi itu dihargai berapa per Kilogram 

Dok pribadi
Dok pribadi
Saya pernah kenal dengan orang yang punya perusahaan swasta pengilingan padi menjadi beras dan dia punya merk kemasan berasnya dan sudah kerja sama dengan agen beras untuk proses penjualanya, Karena latar belakang keluarga saya seorang petani maka saya berniat ingin kerja sama apakah mau membeli padi dari keluarga kamiSebetulnya baik orang seperti itu di tandai saja suatu saat kita butuh kerjasama dalam jual beli padi yang penting dari sudut pandang siapa kita melihat, Insya Allah Jujur tanpa mau pakai calo dalam proses jual beli padi ada uang ada barang, 

Makanya saya berniat mengajak bisnis jual beli padi  dengan dia karena perusahaanya membeli padi dengan harga 7.500/Kg dia menawarkan ke saya dengan  harga segitu,  Cuma sayangnya target dia sekali angkut minimal 20 Ton sementara sawah saya tidak sampai menghasilkan 20 Ton aduh biyung gagal maning ini bisnis

Kalau memang mau di target segitu saya usahakan cari juga padinya sampai ada banyak saudara saya kok yang juga petani jadi hasil padinya kita gabung agar target terpenuhi, Tapi lagi lagi ada kendala mereka takut dengan adanya calo nanti di kira melangkahi gerakan calo senior di daerah itu  karena kalau kita jual ke perusahaan dia tanpa melewati calo padi perusahaan tidak mau pakai calo dalam jual beli padi otomatis calo merasa dirugikan karena tidak bisa ambil untung di transaksi itu
 

Dok pribadi
Dok pribadi

Semua itu hanya mimpi saya saja yang ingin menjadi juragan padi banyak punya kenalan tapi selalu gagal dalam memanfaatkanya kerjasama apakah ini takdir harga padi hasil dari keluarga kami harus dihargai 4.500/Kilogram, Apakah selamanya kita akan di tindas oleh tengkulak yang membeli seenaknya saja padi hasil kita panasan menyemprot hama membersihkan rumput liar kasih pupuk siang bolong panas  

Sebagai aktivis saya harus berubah mulai diri sendiri saya tidak mau di tindas dengan harga seperti ini terus oleh para tengkulak, Saya harus mencari cara ketika tengkulak menindas saya harus punya cara lain agar bisa menjual padi. 

Jadi saya tidak mau ketergantungan dengan orang yang selalu merugikan dengan mempermainkan harga, Insya Allah kalau saya sudah fokus lihat saja siap siap saya banyak musuh para tengkulak hidup harus bisa berdiri di kaki sendiri tanpa ada tekanan dari pihak asing dan orang yang lebih berkuasa eee..aaa itu kata Pak Prabowo, Saya tidak takut kepada selain Allah SWT itu kata pak jokowi

WaAllahu Alam

Adis Setiawan

Mahasiswa STIT Nusantara Tambun Bekasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun