Adinda Nadya
Adinda Nadya Mohon Tunggu... -

Liburan Singkat di Taman Safari beserta Dampak Sosial bagi Masyarakat

28 Juni 2018   15:32 Diperbarui: 28 Juni 2018   15:41 392

Hallo rekan Travellers Tercinta, Perkenalkan saya Adinda Nadya Ayuningtyas, biasa dipanggil Dinda. Saya lahir di Bekasi tanggal 24 september 1997. Saya sedang mengejar gelar saya sebagai S1 Pariwisata di Universitas Pancasila fakultas Pariwisata.

Alasan mengapa saya mengambil jurusan Pariwisata yaitu karena saya suka travelling, terutama bersama orang -- orang terdekat seperti keluarga ataupun teman. Selain itu saya juga suka travelling sendirian (kalau lagi mau saja hehe). Selama ini saya sudah mengunjungi beberapa kota untuk sekedar menikmati waktu luang atau berwisata seperti Lampung, Medan, Bali, Yogyakarta, Semarang dan masih banyak lagi.

Dalam jurnal perjalanan kali ini saya akan membahas liburan singkat saya bersama dengan keluarga di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat dan mengunjungi salah satu destinasi wisata yang sudah terkenal di daerah tersebut, yaitu Taman Safari Indonesia, serta saya akan memberikan pendapat saya mengenai dampak social dari kegiatan pariwisata di Taman Safari Indonesia.

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan minggu dengan orang - orang terdekat dengan moment yang berharga.

Hari jum'at 27 oktober 2017 saya dan keluarga liburan ke kawasan Puncak, Jawa Barat. Kami memilih berangkat malam hari menggunakan mobil pribadi karena sudah lewat dari jam orang kerja dan agar santai juga.

Kami sekeluarga memilih untuk menginap di salah satu resort yang berlokasi tidak jauh dari objek wisata khas Puncak, yaitu kebun binatang Taman Safari, yaitu pesona alam resort. Kami membuka 2 kamar yang tipe villa, 1 kamarnya terdapat 2 kamar tidur, dapur, ruang makan, dan ruang tamu, tipe kamar tersebut sangat cocok untuk kami yang keluarga besar (10 dewasa 2 anak).

Karena kami sampai sudah cukup malam (pukul 23:20) maka kami memutuskan setelah sampai resort untuk segera check in dan  langsung istirahat.

Pagi hari di hari ke-2 kami sekeluarga makan pagi di hotel  dengan pilihan makanan yang beragam mulai dari makanan khas Indonesia, western, serta Arabian food tersedia, kami sarapan pagi ditemani dengan suasana bukit - bukit dan sedikit kabut khas Puncak. Setelah makan pagi kami bermain di lapangan kecil serta ada sofa untuk sekedar bersantai dan berfoto - foto, sejuknya udara pagi khas Puncak cocok untuk santai pagi dan melepaskan penat sejenak.

Siang harinya setelah kembali ke kamar setelah makan pagi kami bergegas siap - siap rekreasi mengunjungi destnasi wisata yang cukup dengan tempat menginap dan sudah terkenal, yaitu mengunjungi  kebun binatang Taman Safari Indonesia,  sebelum saya menceritakan apa saja aktivitas yang saya dan keluarga saya lakukan disana, saya akan bercerita sedikit mengenai sejarah Taman Safari Indonesia.

Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak . Berada di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai  suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.

Siapa yang tidak tahu kebun binatang Taman Safari Indonesia ini ? Taman Safari Indonesia 1 (yang ke-2 terletak Bali) merupakan kebun binatang terbesar di Indonesia  yang dibangun pada tahun 1980 dengan luas 168 hektar.  Dengan menyajikan hewan -- hewan yang cerdas serta ber-edukasi yang dapat dinikmati semua umur dan kalangan.