Mohon tunggu...
Adinda Zahrah Herjanto
Adinda Zahrah Herjanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Univeristas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2023. Hobi Fotografi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efektivitas Komunikasi Pemasaran Online di Instagram

13 Januari 2024   16:23 Diperbarui: 13 Januari 2024   16:30 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Adinda Zahrah Herjanto

NPM : 23010400127

Dosen Pengampu : Dr. Nani Nurani Muksin, S.Sos, M.Si

Mata kuliah : Pengantar Ilmu Komunikasi

Prodi: Ilmu Komunikasi Kelas J 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta

PENDAHULUAN

Media sosial telah menjadi bagian tepenting bagi Masyarakat jaman sekarang,termasuk dalam kegiatan pemasaran. Salah satu media sosial yang populer atau sering digunakan oleh khalayak masyarakat dalam pemasaran adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial berbasis gambar dan video yang memiliiki pengguna aktif terbesar di Indonesia. Instagram memiliki kelebihan berupa visual yang menarik dan interaktif, sehingga dapat menjadi sarana yang selektif untuk menyampaikan pesan pemasaran.

Efektivitas komunikasi pemsaran online di Instagram dapat dilihat dari berbagai indikitaror yaitu:

  • Awareness : Peningkatan kesadaran konsumen terhadap merek atau produk yang ditawarkan.
  • Interest : Munculnya ketertarikan konsumen untuk mempelajari lebih lanjut tentenag merek atau produk tersebut.
  • Desire : Timbulnya keinginan konsumen untuk memiliki produk tersebut.
  • Action : Terjadinya tindakan pembelian atau transaksi oleh konsumen dengan penjual.

Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Instagram dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan komunikasi pemasaran. Namun, efektivitas tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti konten yang di bagikan, strategi pemasaran yang digunakan, serta karakteristik audiens.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun