Mohon tunggu...
Adinda FitriaQonita
Adinda FitriaQonita Mohon Tunggu... Dokter - Pelajar

Saya adalah seorang mahasiswa yang sedang menjalani S1 dengan latar belakang pendidikan dari jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Serang Raya. Saya seorang pekerja keras, cepat belajar serta beradaptasi, kuat dalam kemampuan komunikasi dan terbiasa bekerja dalam tim, juga di bawah tekanan yang saya dapatkan dari pengalaman saya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Audit Komunikasi Kegiatan Community Development PT. Indonesia Power UBP Suralaya

13 Mei 2024   22:00 Diperbarui: 13 Mei 2024   22:03 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Judul: Audit Komunikasi Kegiatan Community Development PT. Indonesia Power UBP Suralaya


Tema: Tema pada artikel ini merupakan salah satu elemen yang menentukan dan menunjang keberlangsungan organisasi secara positif. Arti penting public relations sebagai sumber informasi terpercaya kian terasa pada era globalisasi seperti pada saat ini. Menurut definisi kamus yang diterbikan oleh Institute of Public relations Associations (IPRA), "humas adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya".

Perkembangan ilmu dan pengetahuan yang terjadi saat ini mendorong banyak perusahaan lebih berpikir kedepan guna menjalankan strategi terbaik di berbagai aspek bagi perusahaannya. Public Relations atau yang sering disebut dengan Humas (Hubungan Masyarakat) merupakan salah satu aspek yang sangat diperhatikan dan selalu dibutuhkan oleh setiap organisasi baik itu yang bersifat komersil (Perusahaan) maupun organisasi non-komersil seperti yayasan dan lembaga-lembaga pemerintahan. Keberadannya sangat dibutuhkan karena humas merupakan salah satu elemen yang menentukan dan menunjang keberlangsungan organisasi secara positif. Arti penting public relations sebagai sumber informasi terpercaya kian terasa pada era globalisasi seperti pada saat ini.


Menurut definisi kamus yang diterbikan oleh Institute of Public relations Associations (IPRA), "humas adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.


Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis energi yang memiliki risiko tinggi terhadap perubahan lingkungan alam dan social, Indonesia Power UBP Suralaya senantiasa mempersiapkan berbagai cara untuk menanggulangi dampak negatif tersebut, mulai dari pengadaan alat-alat perlengkapan seperti Electrostatic Precipitator, yaitu alat penangkap abu hasil sisa pembakaran dengan efisiensi 99,5%, Cerobong asap setinggi 200 meter dan 275 meter agar kandungan debu dan gas sisa pembakaran sampai ground level masih dibawah ambang batas, Sewage treatment dan Neutralizing basin yaitu pengolahan limbah cair agar air buangan tidak mencemari lingkungan, Peredam suara untuk mengurangi kebisingan yang ditimbulkan oleh suara mesin produksi, Alat-alat pemantau lingkungan hidup yang ditempatkan di sekitar PLTU Suralaya, CW Discharge Canal sepanjang 1,9 km dengan sistim saluran terbuka, serta Pemasangan stack emmision dan Penggunaan Low NOx burner untuk menanggulangi dampak negatif terhadap Lingkungan. Selain itu, Indonesia Power UBP Suralaya juga berkomitmen untuk senantiasa mempertimbangkan, mencegah, mengurangi, dan mengelola dampak operasi dan bisnisnya melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).


Corporate Social Responsibility (CSR) adalah salah satu bentuk kegiatan public relations yang dimaksudkan sebagai komitmen sukarela yang dibuat oleh organisasi bisnis dalam memilih dan menerapkan praktek tanggung jawab social serta berkontribusi pada masyarakat. Program CSR merupakan suatu tonggak bagi perusahaan untuk tetap dapat berdiri dan diterima oleh lingkungan dimana perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun