Di era globalisasi saat ini, teknologi informasi merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang berkembang begitu cepat dan pesat. Perkembangan teknologi informasi pun sangat berpengaruh terhadap pengumpulan, pengolahan, penyajian serta penyebaran informasi.
Bentuk perkembangan teknologi informasi saat ini dapat kita amati dengan adanya kehadiran internet yang kian menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Dengan adanya kehadiran internet para pelaku bisnis pun memanfaatkannya sebagai sarana untuk menunjang kepentingan bisnisnya.
Melalui internet setiap pelaku bisnis dapat memperoleh keunggulan dan kemudahan dalam memanfaatkan berbagai fitur yang ada di internet guna menunjang persaingan antar pelaku bisnis, hingga akhirnya muncul konsep internet marketing.
Internet marketingatau yang bisa juga disebut sebagai e-marketing atau online marketing merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memasarkan dan mendistribusikan suatu produk berupa barang atau jasa melalui media internet. Internet marketing pun menjadi sebuah konsep baru yang memudahkan perusahaan untuk melakukan ekspansi pasar ke berbagai wilayah.
Adanya peningkatan jumlah pengguna internet di dunia pun berdampak pada pola konsumsi atau belanja masyarakat. Semenjak kehadiran internet, pola konsumsi masyarakat dapat dilakukan secara online melalui internet. Di mana mereka dapat membeli atau memesan barang melalui website/marketplacetanpa perlu bertatap muka dan melihat kondisi barang secara langsung. Sehingga transaksi pembelian pun menjadi lebih mudah dan praktis, bahkan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
Peluang dalam memasarkan atau mempromosikan suatu produk melalui internet semakin dirasakan oleh para pelaku bisnis. Kemudahan dan keuntungan tersebut juga semakin menarik para pelaku bisnis lainnya untuk terjun atau beralih ke bisnis online. Jika semakin banyak pelaku bisnis yang terjun atau beralih ke bisnis online, maka semakin ketat pula persaingan dalam memperoleh pelanggan atau customer dalam pemasaran secara online.
Menghadapi permasalahan ini, maka pelaku bisnis harus bisa memahami konsep internet marketing dengan mengoptimalkan mesin pencari atau seringkali disebut Search Engine Optimization(SEO).
 Search Engine Optimization (SEO) merupakan serangkaian proses atau cara untuk mengoptimalkan konten website agar muncul dalam peringkat hasil pencarian di browser. SEO bertujuan menempatkan sebuah situs website pada posisi teratas, atau setidaknya di halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu.
Situs website yang menempati posisi teratas pada penelusuran, memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Dengan memanfaatkan SEO secara optimal dan maksimal dapat membantu konten website yang dibuat muncul dalam ranking teratas di halaman penelusuran. Hal ini dapat membantu dan mempermudah khalayak untuk mencari dan menemukan konten website yang dimaksud dengan lebih mudah.
Tentunya hampir semua bisnis pasti harus memiliki profit. Berbagai cara dilakukan pelaku bisnis untuk meningkatkan keuntungan mereka, baik dengan melakukan pemasaran secara offline maupun secara online melalui internet marketing.
Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online :
- Biaya Murah