Mohon tunggu...
Adinda DavinaAulia
Adinda DavinaAulia Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa manajemen bisnis di salah satu institut ekonomi dan bisnis yang ada di daerah Jakarta. Saya tertarik dalam bidang menulis dan olahraga. Saya juga suka belajar bahasa, untuk saat ini saya tengah belajar bahasa Spanyol.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, dan Strategi Dasar

29 Desember 2024   20:20 Diperbarui: 29 Desember 2024   20:20 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, dan Strategi Dasar

Manajemen pemasaran adalah proses merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan aktivitas yang berhubungan dengan pemasaran produk atau jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam praktiknya, manajemen pemasaran berfokus pada cara agar perusahaan dapat menjual produknya secara efektif dan mencapai kepuasan pelanggan, sambil menciptakan nilai lebih bagi perusahaan.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran mencakup serangkaian langkah yang dilakukan untuk memastikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan dapat diterima dengan baik oleh pasar. Ini mencakup riset pasar, perencanaan strategi pemasaran, penetapan harga, distribusi, dan promosi.

Tujuan utama dari manajemen pemasaran adalah untuk menghubungkan produk atau layanan dengan konsumen yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan harga yang sesuai.

Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

   Salah satu tujuan utama manajemen pemasaran adalah meningkatkan volume penjualan dan keuntungan perusahaan. Dengan strategi pemasaran yang tepat, perusahaan dapat menarik lebih banyak pelanggan dan membangun loyalitas mereka.

2. Membangun Brand Awareness

   Manajemen pemasaran juga berfokus pada pembangunan merek yang kuat dan pengenalan merek kepada konsumen. Merek yang dikenal luas dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, yang akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan.

3. Memahami Kebutuhan Konsumen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun