Mohon tunggu...
Adi Mulyadi
Adi Mulyadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi Digital & Media

Adi Mulyadi adalah seorang mahasiswa aktif yang sedang mengejar gelar di bidang Komunikasi di IPB UNIVERSITY .Sejak bergabung dengan kampus, ia telah menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap keunggulan akademis dan pengembangan diri. Adi memiliki kecakapan dibidang public speaking Adi juga telah berkontribusi dalam berbagai organisasi dan kegiatan, memperkaya pengalaman mahasiswa lainnya. Dengan semangat belajar yang kuat dan visi yang jelas.Adi bertekad untuk mencapai keberhasilan besar di masa depan dan memberikan dampak positif dalam komunitasnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Media Sosial dalam Mengembangkan Branding UMKM Kedai Mamam Foodies

4 Desember 2023   22:10 Diperbarui: 5 Desember 2023   00:11 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kehadiran internet sebagai media sosial modern telah membuat dunia menjadi semakin mudah digenggam. Hampir semua orang memiliki perangkat media sosial yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan semua orang diseluruh dunia melalui media sosial. Saat ini kompetisi di industri UMKM makanan salah satunya makanan pedas semakin meningkat, untuk itu diperlukan strategi branding yang kreatif dan efektif untuk meningkatkan citra merek. 

Di era digital ini, akses ke internet menjadi semakin mudah, UMKM memiliki peluang besar untuk memanfaatkan platform media sosial sebagai alat efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan, mempromosikan produk dan membangun merek. Namun, banyak UMKM mungkin tidak memiliki pemahaman atau strategi yang tepat untuk memanfaatkan potensi ini.Adapun tujuannya yaitu untuk lebih mengetahui penjelasan mengenai jangkauan target pasar yang lebih luas dengan pemanfaatan media social. Dengan berbagai layanan yang dapat digunakan, media sosial telah merubah cara berkomunikasi dalam masyarakat dan bisa membangun Kinerja UMKM dalam menggunakan media social.

Kehadiran media sosial bahkan membawa perubahan Kinerja UMKM Kedai Mamam Foodies pada akhir akhir ini.. Perkembangan teknologi internet, terutama jaringan sosial digital dan perangkat seluler nirkabel secara fundamental telah mengubah cara berpikir para umkm dalam menjalani kehidupan atau kegiatan nya sehari hari , baik untuk komunikasi, hubungan, kepemimpinan, otoritas dan membentuk bisnis umkm di social media saat ini. Oleh karena itu, jaringan sosial digital sangat memiliki implikasi mendalam untuk membentuk karakter Kinerja UMKM. Peran social dalam membentuk Kinerja UMKM sangat menentukan dalam pertumbuhan dan perkembangan para umkm kedai mamam foodies saat ini ,karena salah satu tujuan adalah agar membangun indentitas merek dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk makanan pedas dari kedai mamam foodies.

 Perkembangan media sosial membuat UMKM Kedai Mamam Foodies memiliki potensi bisnis yang besar dalam industri UMKM makanan Pedas, untuk mencapai kesuksesan dalam industri yang kompetitif ini, diperlukan strategi branding yang tepat seperti pembuatan identitas merek yang kuat dan pengguanaan media sosial sebagai sarana promosi. Melalui Strategi yang berfokus pada meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau target pasar yang lebih luas, Kedai Mamam Foodies dapat mengharapkan pertumbuhan yang berkelanjutan di Pasar Makanan Pedas.Selain itu, strategi branding yang tepat seperti penggunaan media sosial yang efektif dan konsistensi dalam menghadirkan konten yang menarik, dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, mencapai pertumbuhan bisnis, dan memenuhi ekspektasi pelanggan , sehingga Kedai Mamam Foodies dapat berhasil bersaing dalam industri yang kompetitif ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun