1. Analisa Skill dan knowledge : Anda dapat melakukan SWOT analysis di dalam diri anda lihat apa saja yang menjadi kekuatan pribadi anda serta kelemahan anda sendiri dan pastikan anda juga memahami apa yang menjadi ancaman bagi pribadi anda serta peluang yang dapat anda manfaatkan sesuai dengan kekuatan yang ada.
2. Pikirkan bahwa anda adalah sebuah produk yang unik dan different : Anda adalah sebuah produk yang sama sekali berbeda dengan yang lain, untuk menjadi luar biasa tentunya anda harus melakukan yang tidak biasa.
3. Buat diri anda menjadi "Marketable" : Anda harus dipasarkan.. makanya anda harus dapat diterima oleh pasar, pelajari apa saja kebutuhan pasar potensial bagi anda yang telah dirubah menjadi sebuah produk yang unik.
4. Promosikan diri anda : Relation adalah salah satu saluran promosi yang efektif, bahkan sebuah merk lebih mudah dipertahankan dengan cara menghubungkan merk secara emosional kepada konsumennya.
5. Tentukan berapa harga anda (Pricing strategy) : Mulailah berpikir logis mengenai harga anda, pantaskah harga itu anda terima??? anda membutuhkan biaya untuk pengembangan produk, promosi dan operasional tentunya.
6. Tambahkan nilai (Added value) : Beri nilai tambah sedikit kepada diri anda sehingga mampu melampaui tingkat kepuasan para konsumen anda, anda dapat memberi sedikit lebih banyak untuk pelayanan, pengorbanan dan pengendalian.
6. Carilah saluran penjualan bagi diri anda : Untuk menjamin kontinyunitas penjualan maka tentunya anda dapat memilih dimana anda dapat menjual diri anda??? Istilah Right man in the right place harus betul-betul anda pahami.
7. Kesuksesan ada di depan mata anda
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI