Mohon tunggu...
Abdullah Adhim Sastramidjaja
Abdullah Adhim Sastramidjaja Mohon Tunggu... -

enterpreneur soon

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Komunikasi Bisnis

29 Oktober 2016   23:46 Diperbarui: 30 Oktober 2016   00:07 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Untuk mencapai sukses dalam bidang bisnis sekarang ini,maka setiap orang memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.Kesuksesan atau kegagalan tergantung pada kemampuan seseorang berkomunikasi.Contohnya ketika seseorang mencari cara untuk tampil berbeda dari pesaing seseorang dalam dunia kerja,cara meningkatkan kemampuan komunikasi seseorang bisa menjadi satu-satunya cara paling penting yang harus seseorang jalani yaitu dengan mengikuti pelatihan komunikasi sehingga seseorang tersebut bisa meningkatkan kinerja dalam hal berkomunikasi dengan client,boss atau orang lain.Contohnya setelah mengikuti pelatihan komunikasi,dampak baiknya adalah berbicara dengan baik,mendengarkan dengan baik,menulis dengan baik,mengenali cara yang layak untuk berkomunikasi dalam berbagai macam situasi bisnis,mampu mempengaruhi orang,bisa memberikan kesan pertama yang menarik dengan lancar berkomunikasi bahkan pada orang yang baru sesorang temui sekalipun semuanya pasti bisa mendapatkan rasa respek dan kagum terhadap seseorang,tidak malu berbicara didepan banyak orang.Komunikasi efektif membantu dunia bisnis dengan cara pembuatan keputusan yang lebih kuat dan penyelesaian masalah yang lebih cepat,peringatan dini mengenai potensi masalah,produktivitas yang meningkat dan arus kerja yang lancar,hubungan bisnis yang semakin kuat,pesan pemasaran persuasif yang lebih jelas,perputaran karyawan berkurang dan kepuasan karyawan meningkat.

Pesan organisasi bisnis mengalir masuk,melewati,dan keluar dalam berbagai cara.Komunikasi internal terjadi antar orang di dalam perusahaan,sedangkan komunikasi eksternal terjadi antara perusahaan dan pihak luar.Setiap organisasi mempunyai jaringan komunikasi formal,yang  dimana ide dan informasi mengalir sepanjang garis komando (tingkat hierarki) dalam struktur organisasi perusahaan.Di seluruh jaringan formal internal tersebut,informasi mengalir ke tiga arah.komunikasi ke bawah (mengalir dari para eksekutif ke para karyawan),komunikasi ke atas (mengalir dari para karyawan ke para eksekutif),dan komunikasi horizontal (mengalir antar departemen untuk membantu para karyawan berbagi informasi dan mengkoordinasikan tugas.Setiap organisasi juga mempunyai jaringan komunikasi informal (berita dari mulut ke mulut).Komunikasi eksternal mengalir ke dalam dan ke luar organisasi melalui sarana formal (surat-surat yang disiapkan dengan seksama,pengumuman,pesan e-mail,rapat tatap muka langsung),maupun informal (bertemu dengan calon kontak penjualan pada perkumpulan atau jaringan industri pada event-event sosial).Pesan bisnis tersebut memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para audiens.Komunikasi bisnis yang efektif adalah ringkas pesan tersebut menjelaskan dan memadatkan informasi sedemikian rupa,sehingga membantu audiens untuk melihat dan memahami isu-isu yang paling penting.Pesan yang efektif adalah pesan yang jelas tentang apa yang diharapkan.Pesan yang efektif adalah pesan yang persuasif,yakinkan orang lain untuk menerima ide atau rekomendasi.

Setiap orang dalam bidang teknik,hukum,psikologi,arsitek,atau bidang lainnya,perusahaan mengharapakan seseorang kompeten dalam berbagai macam tugas komunikasi.Keterampilan spesifik yang diharapkan pemberi kerja dari seseorang adalah keterampilan yang juga akan membantu meningkatkan karier seseorang yakni mengorganisasikan ide dan informasi secara logis dan lengkap, mengekspresikan ide dan informasi secara koheren dan persuasif,mendengarkan orang lain secara efektif,berkomunikasi secara efektif dengan orang yang mempunyai latar belakang dan pengalaman berbeda,menggunakan teknologi komunikasi secara efektif dan efisien,berkomunikasi dalam tata krama sopan yang mencerminkan ekspektasi etika bisnis saat ini,berkomunikasi secara etis,bahkan ketika pilihannya tidak jelas.Komunikasi bisnis berbeda dari komunikasi sosial dalam lima cara yang penting yaitu globalisasi bisnis yang terus berlangsung dan penghargaan yang makin meningkat terhadap nilai keragaman angkatan kerja,kesadaran yang makin tumbuh di banyak kegiatan bisnis terhadap pentingnya infornasi saat ini,penggunaan teknologi yang makin meresap di seluruh komunikasi internal dan eksternal,ketergantungan pada kerja tim yang semakin tinggi,dan evolusi struktur organisasi menjadi susunan yang lebih datar dan lebih fleksibel.Agar dapat berkomunikasi lebih efektif di tempat kerja,sebaiknya gunakan enam strategi ini.Pertama,berusahalah memahami proses komunikasi sehingga dapat membuat pesan lebih efektif.Kedua,kurangi gangguan di lingkungan kerja,termasuk jangan mengirimkan pesan yang tidak penting.Ketiga,adopsi pendekatan yang berpusat pada audiens,yang memusatkan diri pada kebutuhan para audiens.Keempat,seseorang perlu menyesuaikan keterampilan komunikasi bisnis.Kelima,beri dan terima umpan balik yang konstruktif,bukannya umpan balik yang destruktif,maka seseorang tersebut dapat memusatkan diri pada perbaikan bukannya pada kritikan.Dan keenam,lebih sensitiflah pada etiket bisnis,sehingga mengurangi kemungkinan untuk melakukan kesalahan interpersonal yang tidak perlu terjadi yang dapat memengaruhi komunikasi secara negatif.

Dunia bisnis saat ini bergantung pada teknologi untuk memperbaiki proses komunikasi. Perusahaan dan para karyawan yang menggunakan teknologi secara bijaksana dapat berkomunikasi dengan lebih efektif,dan dengan demikian lebih berhasil dalam bersaing.Strategi untuk menggunakan teknologi komunikasi dengan sukses ada 4,yaitu Pertama,untuk dapat menggunakan teknologi komunikasi dengan sukses,gunakan strategi seperti mempertahankan teknologi dengan perspektif.Pastikan bahwa teknologi komunikasi tersebut mendukung usaha komunikasi,bukannya membuat komunikasi menjadi kewalahan atau terganggu karena teknologi.Kedua,pelajari cara menggunakan alat-alat teknologi secara produktif.Dengan melakukan hal-hal tersebut,seseorang dapat memusatkan diri pada komunikasi di bandingkan pada alat-alat yang digunakan.Ketiga,coba luangkan waktu dan belanjakan uang secara bijaksana,pada tingkat yang mencerminkan pentingnya usaha komunikasi.Keempat,dengan lebih sering berhubungan kembali secara langsung dan pribadi dengan orang lain,pastikan bahwa komunikasi seseroang berhasil dan teknologi tidak menjadi penghalang antara seseorang dengan orang lain.

Karier seseorang akan membawa seseroang bekerja dalam tim dan situasi kelompok lainnya.Tim adalah unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang berbagi misi yang sama,dan bertanggung jawab untuk bekerja mencapai tujuan umum.Tim dapat mencapai kinerja pada tingkat yang lebih tinggi daripada para individu karena gabungan kecerdasan dan energi kelompok tersebut Selain itu,individu-individu cenderung mempunyai kinerja dengan lebih baik karena mereka mencapai pemahaman atas tujuan bersama dengan bergabung ke dalam kelompok.Karena para anggota tim berpartisipasi ke dalam proses pengambilan keputusan,mereka mempunyai komitmen untuk mengetahui hasil keputusan itu dapat dilaksanakan dengan sukses.Komunikasi kolaborasi merupakan peluang yang besar bagi tim untuk menyatukan bakat-bakat dan pengetahuan mereka yang berbeda-beda untuk menghasilkan pesan yang berkualitas lebih tinggi,daripada pesan yang dapat dihasilkan oleh seorang anggota tim saja.Pilihlah para anggota tim dengan hati-hati menyeimbangkan antara bakat dan cara pandang dan pastikan dari awal untuk sepakat atas tujuan proyek guna menghindari terjadinya kebingungan dan waktu yang terbuang percuma.Kemudian,pastikan bahwa setiap orang memahami dengan jelas tanggung jawab individu,proses,dan alat-alat.Juga,tahanlah godaan untuk melakukan tugas penulisan oleh satu kelompok;merencanakan dan meneliti dapat dilakukan oleh satu kelompok,tetapi tugaskan penulisan laporan yang sesungguhnya pada satu orang saja,atau paling tidak tugaskan penulisan untuk bagian yang terpisah pada penulisan individu dan tugaskan seseorang untuk mengedit semua tulisan tersebut.Terakhir,pastikan alat-alat dan teknik-teknik yang digunakan dapat disesuaikan untuk tugas antar tim.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun