Institut Franais d'Indonsie (IFI) Surabaya dan Komunitas Board Game PADAS (Papan Dolanan Arek Suroboyo) berkolaborasi menggelar acara yang unik dan mendidik berjudul "Play Date! Cashflowpoly."Â
Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 28 September 2024, di Mediatek IFI Surabaya, sebuah perpustakaan dan pusat multimedia yang berada di Kompleks AJBS. Dalam acara ini, pengunjung tidak hanya diajak untuk mengenal board game baru berjudul Cashflowpoly, tetapi juga mendapatkan wawasan seputar literasi keuangan melalui permainan yang interaktif dan menyenangkan.
Apa itu Mediatek IFI?
Mediatek IFI adalah salah satu fasilitas unggulan IFI yang menggabungkan konsep perpustakaan modern dan pusat multimedia. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat meminjam buku atau ruang baca, Mediatek IFI menghadirkan pengalaman yang lebih interaktif bagi masyarakat, khususnya warga Surabaya yang ingin mengembangkan keterampilan melalui berbagai media. Koleksi di Mediatek tidak hanya mencakup buku, tetapi juga bahan multimedia, permainan edukatif, dan fasilitas untuk kegiatan-kegiatan pembelajaran aktif. Dengan menyediakan fasilitas ini secara gratis, IFI menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan mendukung pengembangan literasi keuangan serta berbagai keterampilan lain.
Cashflowpoly: Board Game untuk Belajar Literasi Keuangan
Cashflowpoly adalah permainan papan yang dirancang untuk mengajarkan literasi keuangan kepada pemain dari berbagai usia. Board game ini didesain oleh Adhicipta Wirawan bersama Christian Hendrawardana dan Alan Jonathan, yang sebelumnya telah sukses menciptakan permainan Waroong Wars---sebuah permainan yang memenangkan penghargaan Board Game Challenge pada tahun 2015.
Berbeda dengan Waroong Wars yang mengangkat tema bisnis kuliner kota Surabaya dengan mekanisme set collection, Cashflowpoly dirancang dengan fokus khusus pada pengelolaan keuangan pribadi, mulai dari menabung, berbelanja kebutuhan pokok, hingga berinvestasi emas. Melalui permainan ini, pemain dapat merasakan simulasi yang realistis mengenai cara-cara mengelola uang secara bijak. Mereka dihadapkan pada berbagai pilihan finansial yang harus diambil agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti menabung untuk masa depan atau mengamankan investasi.
Konsep Pembelajaran dalam Cashflowpoly: Deep Learning, Mindful Learning, dan Joyful Learning
Salah satu keistimewaan Cashflowpoly adalah pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Tidak hanya sekadar mengajarkan literasi keuangan, permainan ini juga dirancang untuk mendukung konsep pembelajaran yang mendalam (deep learning), pembelajaran yang penuh kesadaran (mindful learning), dan pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning). Dengan begitu, pemain tidak akan merasa seperti sedang belajar sesuatu yang serius atau rumit, melainkan menjalani pengalaman yang seru dan penuh makna.
Dalam permainan ini, pemain harus membuat keputusan-keputusan penting terkait dengan pengelolaan uang mereka. Mereka dihadapkan pada skenario kehidupan nyata, seperti menyisihkan uang untuk tabungan, menentukan anggaran belanja bulanan, atau mempertimbangkan opsi investasi. Dengan pendekatan deep learning, para pemain benar-benar memahami konsep keuangan yang mereka pelajari karena terlibat langsung dalam pengambilan keputusan yang konsekuensial. Melalui mindful learning, mereka belajar untuk lebih sadar terhadap pilihan finansial yang mereka ambil dan implikasinya dalam jangka panjang. Joyful learning memungkinkan mereka belajar keuangan tanpa merasa terbebani, sehingga pengalaman bermain menjadi menyenangkan sekaligus mendidik.
Kelebihan dan Keistimewaan Cashflowpoly
Berbeda dengan permainan finansial lainnya, Cashflowpoly menghadirkan pengalaman bermain yang singkat namun sarat edukasi. Permainan ini dirancang untuk dua hingga empat pemain, dengan durasi permainan sekitar 10-15 menit per pemain, serta tingkat kerumitan sedang (5 dari 10). Kecepatan permainan yang relatif singkat ini membuat Cashflowpoly cocok dimainkan dalam berbagai kesempatan, baik bersama keluarga maupun dalam sesi edukasi di sekolah atau komunitas.