Mohon tunggu...
Adhicipta Wirawan
Adhicipta Wirawan Mohon Tunggu... Desainer - AI Enthusiast, Dosen International Program Digital Media Petra Christian University (PCU), Penulis Buku Yuk Bikin Board Game Edukasi: https://bit.ly/bukubikinboardgame

Ciptakan Pendidikan yang Mudah dan Menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

6 Kesalahan Fatal dalam Desain Maskot Perusahaan

15 April 2023   06:00 Diperbarui: 16 April 2023   01:05 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesalahan fatal dalam desain logo (Foto: Diolah dari Freepik premium)

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana implementasi maskot pada produk dan media perusahaan untuk membangun citra positif dan mendongkrak penjualan.

Namun dalam realitanya banyak desainer maskot yang melakukan kesalahan fatal. Kesalahan fatal dalam desain maskot perusahaan ini bisa disebabkan karena pimpinan perusahaan tidak paham dengan benar faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merancang maskot perusahaan.

Merancang maskot perusahaan yang efektif dan menarik dapat membantu memperkuat merek dan meningkatkan kesan positif pada pelanggan. Namun, seperti halnya dengan segala jenis desain, terdapat beberapa kesalahan yang perlu dihindari dalam merancang maskot perusahaan. 

Berikut adalah beberapa kesalahan yang perlu dihindari dalam merancang maskot perusahaan:

  1. Tidak mempertimbangkan target audiens. 
    Merancang maskot perusahaan tanpa mempertimbangkan target audiens dapat membuat maskot tidak tepat sasaran dan tidak dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Penting untuk mempertimbangkan siapa target audiens Anda dan bagaimana maskot perusahaan dapat menarik perhatian mereka.

  2. Terlalu rumit. 
    Maskot perusahaan yang terlalu rumit dapat membuat pelanggan kesulitan mengingat atau mengidentifikasi maskot tersebut. Maskot perusahaan harus sederhana dan mudah diingat, sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengidentifikasi dan mengingat merek Anda.

  3. Terlalu mirip dengan maskot lain. 
    Membuat maskot perusahaan yang terlalu mirip dengan maskot lain dapat mengurangi daya tarik dan nilai keunikan dari maskot perusahaan Anda. Pastikan untuk merancang maskot perusahaan yang berbeda dan unik agar dapat membedakan merek Anda dari yang lain.

  4. Tidak konsisten dengan merek. 
    Maskot perusahaan harus konsisten dengan merek Anda dan harus mewakili nilai-nilai dan pesan merek. Maskot yang tidak konsisten dengan merek dapat membuat pelanggan bingung dan mengurangi kesan positif pada merek Anda.

  5. Terlalu serius atau terlalu lucu. 
    Maskot perusahaan harus tepat sasaran dalam tone dan gaya, tergantung pada industri atau jenis produk yang Anda tawarkan. Terlalu serius atau terlalu lucu dapat membuat maskot tidak sesuai dengan merek Anda dan mengurangi daya tarik pada pelanggan.

  6. Tidak disesuaikan dengan platform pemasaran. 
    Maskot perusahaan harus dapat disesuaikan dengan platform pemasaran Anda, seperti iklan cetak, digital, televisi, dan sebagainya. Pastikan untuk merancang maskot yang dapat digunakan dengan mudah di berbagai platform pemasaran yang Anda gunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun