Mohon tunggu...
adevia sofie permatasari
adevia sofie permatasari Mohon Tunggu... Jurnalis - profil pribadi

everything happen for a reasons

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Bagaimana sih Menjadi Seorang PR yang Baik? Ini Tipsnya!

24 November 2019   13:42 Diperbarui: 14 April 2021   12:46 548
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apakah kalian sudah mengetahui definisi dari Public Relations sendiri? Public Relations merupakan usaha yang dilakukan secara terus menerus gunanya adalah untuk mencapai keinginan yang diinginkan sehingga membangun dan mempertahankan timbal balik antara organisasi dengan masyarakat.

Pengertian Public Relations adalah interaksi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan, dan merupakan faktor yang penting dalam pencapaian tujuan organisasi.

Tujuan Public Relations untuk menciptakan citra perusahaan dan menjaga citra atau nama baik dari suatu perusahaan sehingga menghasilkan kesetiaan publik terhadap suatu perusahaan itu sendiri.

Menjadi seorang PR yang baik bukanlah sesuatu yang mudah. Pastinya profesi ini mengemban tugas menjaga citra perusahaan seperti yang sudah dijelaskan pada definisi dan pengertian PR diatas. Untuk itu seorang PR harus memiliki kemampuan paripurna dalam  menyajikan citra sebuah perusahaan kepada publik atau masyarakat dalam gambaran yang terbaik.

Nah, apa saja sih tips menjadi seorang PR yang baik itu? Mari kita simak dibawah ini:

  • Harus Memiliki Wawasan Luas : Jadi kamu harus sering-sering membaca agar berwawasan luas, entah membaca apapun itu karena membaca sangat penting untuk menambah wawasan. Apabila menjadi seorang PR kamu harus mempunyai strategi untuk perusahaanmu nantinya, strategi itu bisa didapat dari seringnya kamu membaca.
  • Menguasai Public Speaking : Kamu harus pintar menegosiasi atau melobby orang-orang agar bisa percaya dengan produk perusahaanmu dengan penguasaan bahasamu. Pintar-pintar meyakinkan orang-orang dengan menawarkan produk perusahaanmu. Dan juga harus mengetahui karakteristik masing-masing orang dan perusahaan juga.
  • Kreatif : Nah kamu harus kreatif nih. Memiliki ide-ide yang bagus untuk menciptakan program dan kegiatan lain, supaya tepat sasaran dan menarik masyarakat. Dan memiliki pikiran terbuka atau open minded tidak bisa kita hanya copy paste dari ideorang lain.
  • Good Appearence : Kamu harus berpenampilan baik atau good looking agar perusahaan yang kamu naungi juga mendapatkan dampaknya. Penampilan yang baik juga akan menjadi nilai plus dari masyarakat, mereka akan berpikir bahwa penampilan saja bisa dijaga apalagi perusahaannya kan. Apabila penampilan kamu asal-asalan pasti masyarakatpun akan malas juga. Jadi jaga penampilan itu penting.
  • Memiliki Banyak Relasi : Perbanyaklah relasi antar satu sama lainnya, nah yang paling penting adalah perbanyak relasi dengan media-media. Apabila relasimu baik dengan media maka akan lebih banyak muncul berita tentang perusahaan yang kamu naungi. Selan itu, menjadi seorang PR tidak boleh menutup diri dan tidak boleh takut dalam bergaul.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun