A. Media STEAM
- Pembelajaran STEAM ini dikenal sebagai model pembelajaran yang cocok jika diterapkan di beragam jenjang pendidikan sekarang ini, sehingga anak-anak mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Gonzales dan Kuenzi, menyatakan STEAM merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menghasilkan sebuah produk. Pembelajaran STEAM ini juga dapat mengembangkan kemampuan anak dalam berpikir kritis, kreatif, dan berkomunikasi dengan baik di lingkungannya. Pembelajaran ini mampu membantu siswa dalam memecahkan sebuah masalah yang akan dihadapi. STEAM merupakan pembagian dari Science, Technology, Enginering, Mathematic, dan Art. Adapun bagian dari STEAM.
- Science
- Pada komponen sains ini dapat menguji anak dengan berbagai eksperimen dan mengembangkan wawasan pemikirannya agar dapat memunculkan ide baru yang bisa mereka kembangkan dan di praktekan, Misalnya seperti Anak menanam dan mengamati tumbuhan sekitar, anak akan mempelajari bagaimana tumbuhan itu bisa hidup, agar tumbuhan itu subur dan hidup seperti yang dilihat sebelumnya dan juga melihat warna apa saja yang ada pada tumbuhan itu. Kita sebagai seorang pendidik harus menjelaskan kepada mereka Nak, manusia juga butuh makana apalagi tumbuhan, kan makhluk hidup di dunia ini bukan hanya manusia. Tumbuhan, hewan itu meraka juga membutuhkan makanan seperti kita, ketika ade ingin melihatt tumbuhan itu subur kita harus rajin menyiramnya.
- Thecnology
- Pada komponen ini kita mengambil menanan dan mengamati tumbuhan sekitar, komponen teknologi menekankan apa saja alat yang digunakan ketika ingin menanam tumbuhan. Di sini anak-anak akan mengamati apa alat apa saja seperti, pot,senda, gelas plastik dll. Anak akan mengenalkan apa saja yang cocok buat menanam tanaman.
- Enginering
- Pada komponen ini anak diberi kebebasan untuk bertanam, misalnya anak menggali lubang, memasukan tanaman ke dalam lubang yang sudah digali tadi dgn cara yang telah dicontohkan sebelumnya, maka anak akan mengikuti apa yang sudah dilihatkan berikan anak melalkukan kegiatannya sampai selesai.
- Â ArtÂ
- Anak akan mengekspresikan imajinasi dan kreativitas pada anak. Anak siminta untuk menggambarkan dan mewarnai tanaman yang di uji coba sebelumnya
- Â Mathematics
- Pada komponen ini anak anak akan mengamati dan menghitung brp banyak batang pohon, daun, maupun buah yang dipetiknya.
- Jadi media STEAM ini sangat penting jika dikembangkan di di pakai pada anak usia dini yaitu learning to playying atau playying to learning.
B. Media LOOSE PART
- Media loose parts merupakan media yang dapat mengembangkan daya kreativitas yang dimiliki anak. Siskawati & Herawati, 2021. Menyatakan dan mengemukakan bahwa loose parts adalah benda yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita, seperti kayu, bambu, plastik, kain, benang, batu, daun, botol-botol dan lainnya. Media LOOSE PART sangat bagus jika dikembangkan dan dilakukan oleh anak ketika mereka sedang bereksplor di lingkugan, anak bisa membuat mainan mengunakan bahan bekas seperti, gelas aqua plastik dari situ anak akan memodifnya menjadi bunga atau piring dari bahan plastik tersebut. Media LOOSE PART sangat menarik pastinya karena bahan-bahannya mudah diubah dan dipraktekan dikehidupan anak. Yang kedua media LOOSE PART terbuka karena media LOOSE PART memungkinkan kegiatan main yang tanpa batas. Loose parts tidak hanya untuk menawarkan satu jenis mainan saja. Mengapa demikian? Karena tidak adanya suatu serangkaian arahan khusus untuk penggunaan media loose parts tersebut. Hasil dari penggunaan loose parts ini tidak tunggal, tetapi sangat bervariasi, tergantung pada kreativitas dan imajinasi anak yang berbeda beda
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!