Mohon tunggu...
Adella Ekaridwanti
Adella Ekaridwanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semangat

Yok bisa yok

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tim KKN-P 67 Bantu Pelaku UMKM di Desa Leminggir Gunakan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran

1 April 2021   17:54 Diperbarui: 1 April 2021   18:00 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
@cemilankhasleminggir

Adanya digital marketing saat ini mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi para pelaku usaha. Tidak hanya itu, digital marketing sebenarnya juga merupakan strategi yang wajib diterapkan setiap pemilik usaha yang ingin bertahan di tegah perkembangan teknologi saat ini. Namun sangat disayangkan beberapa masyarakat masih belum bisa menerapkan strategi digital marketing tersebut karena berbagai alasan. Seperti halnya beberapa pemilik usaha di Desa Leminggir yang belum bisa menerapkan strategi digital marketing sebagai media pemasaran karena belum mampu untuk menggunakan media sosial secara maksimal. 

Adanya keterbatasan usia maupun finansial merupakan penyebab mengapa mereka belum memanfaatkan digital marketing sebagai media untuk melakukan pemasaran produknya. Sebagian masyarakat menanggapi mengenai hal ini, " Sebenarnya saya juga sangat ingin dek menjual produk saya melalui media sosial, tapi saya sudah tua dan mudah lupa, saya juga tidak bisa menggunakan handphonedengan baik" ujar ibu istianah selaku pemilik usaha kerupuk puli di Desa Leminggir.

@cemilankhasleminggir
@cemilankhasleminggir
Adella Eka Ridwanti selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa tim KKN 67 akan membantu para pemilik usaha terebut dengan membuatkan akun media sosial instagram untuk media pemasarannya. "Setelah melakukan sosialisasi tentang penggunaan bahan makanan yang aman untuk krupuk puli, dan sosialisasi tentang branding dan kemasan produk untuk krupuk puli dan krupuk samiler, Selasa (16/3), selanjutnya yang kami lakukan adalah membantu untuk membuatkan akun media sosial untuk media pemasaran para pemilik usaha tersebut . Kemudian kami memilih instgram untuk para pemilik usaha agar dapat lebih mudah untuk memasarkan produknya" ujar Adella.

Adella juga menambahkan bahwa akun media sosial tersebut di dalamnya terdapat dua produk uggulan dari UMKM di Desa Leminggir yaitu krupuk puli dan krupuk samiler, akun tersebut nantinya juga dapat membuat para pemilik usaha menjadi lebih mudah untuk mempromosikan produk mereka. Dan semoga dengan adanya akun tersebut dapat membuat produk -- produk UMKM dari Desa Leminggir kedepannya dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan lebih banyak lagi peminatnya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun