Mohon tunggu...
ADELIN FIDILIA BR KARO
ADELIN FIDILIA BR KARO Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar/Mahasiswa

......

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa Asistensi Mengajar UM Komitmen Meningkatkan Kualitas Pendidikan (SDGs) di SMKN 1 TUREN

23 Mei 2023   19:59 Diperbarui: 21 Juni 2023   07:57 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asistensi Mengajar (AM) merupakan salah satu bentuk pengimplementasian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Negeri Malang. Kegiatan AM ini sendiri merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal bagi mahasiswa dalam membangun suatu jadi diri sebagai calon guru atau calon pendidik.

Selain untuk memberikan pengalaman mengajar secara nyata kepada mahasiswa, kegiatan Asistensi Mengajar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah mitra atau sekolah yang ditempati mahasiswa yang pada kasus ini di SMK Negeri 1 Turen.

Kegiatan Asistensi Mengajar ini dilaksanakan kurang lebih selama 5 bulan yang setara dengan 1 semester. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 15 Februari 2023 sampai tanggal 23 Juni 2023. Kegiatan Asistensi Mengajar yang saya laksanakan terdiri dari beberapa tahapan, yang terdiri dari tahap perencanaan kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan, tahap diseminasi hasil kegiatan, dan tahap pembuatan laporan akhir kegiatan.

Pada tahap perencanaan kegiatan, saya bersama dengan teman-teman melakukan observasi di SMKN 1 TUREN, tepatnya pada tanggal 09 Februari 2023. Kedatangan kami langsung disambut dengan baik oleh pihak sekolah. Di SMKN 1 TUREN, kami memiliki 1 guru pembimbing dan 1 guru pamong. Jadi kami tidak hanya melakukan bimbingan dan konsultasi dengan 1 guru saja tetapi dengan 2 guru. Guru pamong saya Bernama Ibu Retno Mayasari, S.Pd yang merupakan kepala program keahlian akuntansi, sedangkan guru pembimbing saya Bernama Ibu Aulia Irafahmi, S.Ak, M.Ak yang merupakan guru produktif akuntansi. Beliau-beliau inilah yang akan membimbing saya dan satu orang teman saya dalam melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar guna bersama meningkatkan kualitas pendidikan di SMKN 1 TUREN.

Pada pelaksanaan kegiatan pekan pertama terdapat acara resmi yaitu pengantaran mahasiswa Asistensi Mengajar ke SMKN 1 TUREN yang diwakilkan oleh dosen pembimbing S1 Pendidikan Tata Niaga. Tim Akuntansi terdiri dari 6 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok, dimana setiap kelompok mengampu satu kelas akuntansi kelas X. Saya dan satu orang teman saya mengambil kelas X AK 2 sesuai dengan kelas yang diambil oleh guru pembimbing kami. SMKN 1 TUREN sudah menerapkan kurikulum merdeka, sehingga mata pelajaran yang kami ambil hanya ada satu yaitu DASPROG (Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga). Nah pada mata pelajaran ini semua cakupan materi akuntansi kelas X sudah ada di dalamnya. Mulai dari Prinsip-Prinsip serta Konsep Dasar Akuntansi dan Perbankan Dasar, Etika Profesi, K3LH, Perkembangan Teknologi dan Isu-Isu Terkini, Lingkup Kerja pada Bidang Akuntansi, Proses Bisnis, Aplikasi Pengolah Angka sampai Profesi Pekerjaan Akuntansi.

Saya dan temannya saya serta guru pembimbing mengajar kelas X AK 2 secara bergantian. Jadwal saya masuk kelas yaitu hari selasa jam pertama, haru rabu jam terakhir, dan hari kamis jam pertama. Waktu pembelajaran setiap pertemuan di kelas sekitar 4 jam pelajaran (4 x 45 menit).

Kegiatan akademik yang kami lakukan yaitu pembuatan perangkat dan media pembelajaran, mengajar DASPROG untuk kelas X AK 2, dan Menyusun artikel ilmiah. Sebagai pendidik, saya dituntut untuk menguasai materi dengan baik. Oleh karena itu sebelum mengajar di kelas, saya pasti terlebih dahulu melalukan persiapan dengan cara belajar dulu di rumah. Baik belajar bagaimana cara mengajar dengan baik, bagaimana menerapkan metode pembelajaran yang menarik, sampai belajar mengenai materi yang akan dijelaskan kepada siswa. Hal ini saya lakukan supaya saya dapat mewujudkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Asistensi Mengajar sesuai dengan SDGs yakni meningkatkan kualitas pendidikan SMK Negeri 1 Turen.

whatsapp-image-2023-03-08-at-13-06-17-646cbccf08a8b502c4510812.jpeg
whatsapp-image-2023-03-08-at-13-06-17-646cbccf08a8b502c4510812.jpeg

Saya sangat tidak berharap bahwa di SMKN 1 TUREN ini saya akan bertemu dengan guru-guru yang ramah, murid-murid yang baik dan lucu serta teman-teman sesama AM yang sefrekuensi dengan saya. Setiap hari, saya memperoleh pengalaman yang baru di SMKN 1 TUREN. Baik bagaimana cara bersikap di depan siswa, bagaimana cara bergaul dengan siswa, bagaimana cara mengadaptasi diri dengan lingkungan baru dan masih sangat banyak pengalaman baru yang saya peroleh.

Awalnya karena ketidaksengajaan saya berada di SMKN 1 TUREN, namun akhirnya saya bangga menjadi salah satu mahasiswa yang AM di SMKN 1 TUREN. Karena SMKN 1 TUREN merupakan salah satu SMK terbaik di Kabupaten Malang khususnya di Turen. Di SMK ini juga saya melihat bagaimana perjuangan seorang guru untuk mencerdaskan murid-muridnya dan bagaimana seorang guru menciptakan suatu kondisi belajar yang efektif untuk muridnya.

Semenjak Asistensi Mengajar di SMKN 1 TUREN, saya menjadi lebih sering belajar di rumah mengenai materi yang akan saya bawakan. Bahkan sering kali saya memperoleh pengetahuan baru yang sebelumnya tidak saya pelajari di perkuliahan. Dengan adanya guru pembimbing dan guru pamong yang baik dan ramah, saya memperoleh pengalaman mengajar yang menyenangkan. Beliau-beliau akan memberikan saya arahan, tips, masukan, kritikan tanpa pernah menyakiti hati saya. Bahkan setelah selesai konsultasi, saya menjadi lebih termotivasi untuk mengajar di kelas. Pengalaman saya bertemu dengan murid juga sangat menyenangkan. Saya jadi bisa merasakan bagaimana rasanya mengajar di depan kelas dan diperhatikan oleh 32 siswa, oleh 1 orang guru pamong dan 1 orang teman sesama AM. 

Terimakasih semuanya <3

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun