Mohon tunggu...
Adeliatahyatul Ummah
Adeliatahyatul Ummah Mohon Tunggu... Lainnya - Masih kuliah

Hobi makan, masih kuliah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

3 Juni 2024   20:54 Diperbarui: 3 Juni 2024   21:01 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Belajar adalah salah satu komponen yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku seseorang. Belajar membentuk sebagian besar perkembangan individu, menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2005).

Moh. Surya (1997) mengatakan bahwa belajar adalah proses yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh perilaku baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalamannya dengan lingkungannya. 

 Knight juga menekankan bahwa peserta didik harus dianggap sebagai makhluk yang dinamis. Mereka harus diberi kesempatan untuk menentukan harapan dan tujuan mereka sendiri, sehingga mereka dapat memiliki motivasi yang lebih kuat untuk belajar. Guru atau pendidik harus berperan sebagai penasehat, penunjuk jalan, dan rekan seperjalanan, bukan sebagai orang yang paling tahu. Dengan demikian, peserta didik dapat memiliki peran yang lebih aktif dan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses belajar. George R. Knight (1982: 82)

Belajar adalah suatu proses yang berlangsung di dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik tingkah laku dalam berpikir, bersikap, dan berbuat (W. Gul, 2002: 23).

Belajar pada dasarnya adalah fase perubahan prilaku siswa yang relatif positif dan berkelanjutan sebagai hasil interaksi dengan lingkungan mereka yang melibatkan proses kognitif (Syah, 2003). Tahapan-tahap belajar bergantung pada fase-fase belajar, dan salah satu fase-fase belajar ini adalah sebagai berikut:

1.Tahap acquisition, yaitu tahapan perolehan informasi;

2.Tahap storage, yaitu tahapan penyimpanan informasi

3.Tahap retrieval, yaitu tahapan pendekatan kembali informasi (Syah, 2003).

Dalam kesimpulan, belajar adalah proses mental yang terjadi dalam diri seseorang. Proses ini terjadi melalui interaksi individu dengan lingkungan yang disadari. Pembelajaran adalah hasil dari proses belajar ini, di mana individu mengalami perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.belajar memiliki peran yang penting dalam kehidupan seseorang. Melalui belajar, individu dapat meningkatkan pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan membentuk sikap yang positif. Belajar juga membantu individu dalam meningkatkan kesadaran diri dan meraih potensi penuh dalam hidup mereka, dalam dunia yang terus berubah, belajar menjadi kunci untuk menghadapi tantangan dan mencapai kehidupan yang sukses dan memuaskan. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk terus mendorong diri mereka sendiri untuk belajar sepanjang hidup mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun